Berita Utama

UNBK, Pengamanan Sekolah Diperketat

Radarbekasi.id – Sistem pengamanan sekolah diperketat selama 4 hari pelaksanaan Ujian Naional Berbasis Komputer (UNBK) yakni sejak tanggal 9 April lalu hingga 12 April. Pengamanna sekolah dilakukan selama 24 jam dengan dengan penambahan personil khususnya saat malam hari.

Berdasarkan pantauan radar Bekasi dibeberapa sekolah, pengamanan diperketat khususnya pada malam hari. Penambahan personil diambil dari guru sekolah, staf tata Usaha (TU) dan pihak keamanan yakni polsek dan korami.

Wakil Kepala Sekolah Bidang HUMAS Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 15 Bekasi Ikhsan Taufiq mengaku, petugas keamanan yang ditugaskan setiap malamnya harus mengamankan 3 ruang lab yang digunakan dalam pelaksanaan UNBK, dimana setiap lab berisi 37 unit perangkat.

Meskipun pada setiap ruangan dan lingkungan sekolah sudah dilengkapi dengan CCTV, namun Ikhsan mengaku berusaha mencegah hal yang tidak diiginkan. Pengamanan malam hari ini dilakukan mulai pukul 20.00 WIB sampai pukul 05.00 WIB.

“Mulai malam minggu sudah kita lakukan piket pengamanan untuk malam hari, terdiri dari dua petugas satpam, tiga orang guru, satu staff TU dan ditambah dari pihak polsek atau koramil satu orang secara bergantian ,“ ujarnya.

Pemandangan serupa juga terlihat di SMA Korpri Bekasi. Humas SMA Korpri Bekasi, Bujang mengaku, saat malam hari pihaknya melibatkan 2 orang guru dan staf TU,”Setiap hari kita sudah ada sift malam, tapi untuk sekarang kita tambah dua orang guru. Satpam satu orang dan guru serta staf TU satu orag, jadi jadi ada tiga orang. Namun karena kita ada mess, jadi malam itu bisa ada lima orang yang jaga rata-rata mereka usia muda “ tegasnya.

Dia mengaku, ada 100 unit komputer yang harus dijaga oleh pihak keamanan dan petugas piket malam, 100 komputer tersebut tersebar kedalam 3 ruangan yang diisi oleh 266 peserta UNBK di SMA KORPRI Bekasi.

Sementara itu terpisah, Jajaran Polsek Cikarang Barat melakukan patroli pengamanan kepada belasan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang sedang melaksanakan Ujian Nasional Bebrasis Komputer (UNBK).Patroli khususnya pada malam hari, untuk menghindari pencurian komputer maupun laptop yang akan digunakan untuk pelaksanaan ujian.

“Pelaksanaan UNBK ini agenda nasional, kami bersinergi dengan stake holder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan dan menyukseskan pelaksanaan kegiatan ini,” ungkap Kapolsek Cikarang Barat, Kompol Hendrick Situmorang kepada Radar Bekasi, Rabu (11/4).

Sebanyak 10 personel Polsek Cikarang Barat melaksanakan kegiatan pengamanan dengan mengenakan pakaian batik. Selain itu, petugas Bhabinkamtibmas juga aktif memberikan himbauan kepada para Kepala Sekolah dan para penjaga sekolah untuk mengoptimalkan pengamanan dalam moment ujian ini.

Tak hanya pengamanan di jenjang SMA saja, namun pihaknya pun telah melakukan hal serupa pada saat UNBK tingkat SMK pecan lalu. “Pengaman serupa telah sukses dilaksanakan pada saat UNBK tingkat SMK pada pekan lalu,” tambah Kapolsek.

Sekedar diketahui, pengamanan pelaksanaan UNBK tingkat SMA/MA oleh jajaran Kepolisian Sektor Cikarang Barat telah dilakukan sejak awal UNBK SMA digelar, Senin (9/4) lalu. Adapun sekolah yang dikunjungi jajaran Polsek Cikarang Barat sebanyak 15 SMA/MA di wilayah hukum Polsek Cikarang Barat, yang meliputi Kecamatan Cibitung dan Cikarang Barat.

“SMAN 1 Cikarang Barat, SMA Bina Pendidikan Cikarang Barat, SMAN 1 Cibitung, SMAN 2 Cibitung, SMA Al-Maghfiroh Cikarang Barat, MA Al-Ajhariyah Cibitung, MA AlImaroh Cikarang Barat, SMA Al Ma’mur Cikarang Barat, SMA Darul Muhsinin Cibitung, MA Miftahul ‘Ulum Cibitung, SMA Darul Fikri Cikarang Barat dan terakhir SMA IT Al-Arabi Cikarang Barat,” jelas Kanit Binmas Polsek Cikarang Barat, AKP Muryati kepada Radar Bekasi kemarin. (cr38/cr37)

Related Articles

Back to top button