Metropolis

Banyak Manfaat Untuk Lingkungan

Radarbekasi.id – Kepala Seksi Kerusakan Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi, Suhendra, mengatakan jika pembuatan biopori dapat menjadi manfaat sendiri bagi lingkungan setempat.

Manfaatnya adalah menjadikan air tanah berkualitas, pengentasan genangan sekaligus meminimalisir adanya banjir di wilayah yang terdapat biopori.

“Kota Bekasi sendiri menargetkan terdapat 1 juta biopori, tahun ini realisasinya bisa mencapai 70 persen dan insyaallah tercapai, setiap tahun target kita bertambah,” ujarnya seraya mengatakan program biopori baru digagas pada tahun 2017.

Menurutnya, kegiatan biopori juga menjadi salah satu syarat penilaian Kota Bekasi untuk meraih Adipura bermartabat. Meski demikian, terdapat wilayah khusus sebagai titik pembuatan biopori.

“Yang terdapat genangan dan masalah pada tanah itu bisa. Namun, kalau seperti di Bekasi Utara itu sudah tidak bisa, sebab disana adalah wilayah resapan air. Kalau digali satu meter itu sudah ada air, jadi tidak bisa,” jelasnya.

Suhendra mengaku, saat ini baru wilayah Kecamatan Mustika Jaya yang intens melakukan pembuatan biopori. Karenanya, ia menghimbau seperti daerah rawan banjir di Kota Bekasi dapat segera berkoordinasi dengan pihaknya.

“Alatnya kami bisa support, baik manual atau cara mesin. Bisa datang ke kantor kami langsung untuk meminta alat, asalkan alat itu dapat digunakan sebaik-baiknya dan juga biopori dapat terus dipelihara. Kami sangat membutuhkan gerakan masyarakat yang peduli lingkungan,” tandasnya. (kub/gob)

Related Articles

Back to top button