Pendidikan

Cara SD Ananda Sambut Hari Kartini

Undang Siswa TK, Helat Beragam Lomba

Radarbekasi.id – Sekolah Dasar Swasta (SDS) Ananda Bekasi memiliki cara unik dan meriah untuk menyambut hari Kartini. Apa yang dilakukan?

Halaman SD Ananda Bekasi terlihat lebih ramai dari hari biasanya. Sebuah panggung berdiri kokoh di halaman sekolah. Sementara dekorasi menarik menghiasi panggung dan halaman sekolah, kemarin.

Ya, hari itu SD Ananda menggelar beberapa lomba yang diikuti oleh ratusan siswanya. Tidak hanya siswa SD Ananda saja, melainkan juga mengundang sekolah Taman Kanak-kanak se-Kota dan Kabupaten Bekasi. Kegiatan ini menjadi salah satu acara untuk menyambut Hari Kartini pada 21 April nanti.

Perlombaan yang dimulai sejak pukul delapan pagi tersebut, berlangsung sangat meriah karena turut hadir pula orang tua wali siswa yang mengikuti lomba. Untuk siswa TK, SD Ananda menyediakan beberapa mata lomba di antaranya lomba mewarnai, dan cita-citaku di mana para peserta berfoto sesuai dengan cita-citanya masing-masing.

Kepala Sekolah SD Ananda Bekasi Bayu Artadri mengungkapkan, lomba dibagi ke dalam dua kategori yakni lomba internal dan eksternal. Lomba internal diikuti oleh 500 siswa yang terdiri dari siswa kelas 1 sampai dengan kelas 5, mata lomba yang dipertarungkan adalah lomba bekal sehat, go talent, modern dance, dan fashion show.

Ia menerangkan bahwa lomba bekal sehat dipilih karena memiliki pesan yang sangat edukatif di mana pada mata lomba ini pihak sekolah secara tidak langsung ikut untuk mengedukasi orang tua wali dalam membuat bekal untuk anak-anaknya.

“Lomba bekal sehat ini yang kita nilai tampilan dan kelengkapan bekal 4 sehat 5 sempurna. Intinya dengan lomba ini kita ikut mengedukasi orang tua untuk membekali anaknya 4 sehat 5 sempurna serta mau membuatkan bekal untuk anaknya’’, ujarnya.

Sebagai salah satu juri dalam lomba ini, Bayu harus menilai dengan teliti setiap bekal yang dibawa oleh siswa-siswinya satu persatu. Dalam waktu penilaian, terlihat berbagai macam ampilan bekal yang unik dan menarik dengan berbagai macam hiasan.

Sementara itu, lomba eksternal yang diikuti oleh siswa yang terdiri dari 12 TK se-Kota dan Kabupaten berlangsung tidak kalah meriah meskipun jumlah peserta tidak sebanyak lomba internal sekolah SD Ananda.

Pada mata lomba cita-citaku, peserta diminta untuk berfoto dengan tema cita-cita mereka masing-masing yang akan dikirim melalui surel (e-mail) kemudian oleh panitia diposting di Facebook SD Ananda.

Bayu menerangkan pemenang akan dinilai dari foto yang paling banyak mendapatkan like, selain sebagai metode penilaian cara ini dipilih untuk media promosi sekolah karena secara otomatis akan semakin banyak pengunjung Facebook sekolah yang dipimpinnya itu.

“Nanti pemenangnya yang paling banyak mendapatkan like di Facebook. Selain itu kan juga bisa sebagai media promosi sekolah karena banyak yang mengunjungi Facebook SD Ananda“ ucapnya dengan penuh canda. (Cr38)

Related Articles

Back to top button