Metropolis

Wanita Harus Memiliki Keterampilan

Radarbekasi.id – Saat ini, perempuan dituntut untuk kreatif. Perempuan tidak hanya sebagai ibu rumah tangga, namun bisa juga membantu meningkatkan perekonomian keluarga melalui kreativitas yang dimiliki.

Seperti yang dilakukan oleh ibu rumah tangga yang berada di RW 12, Perumahan Tridaya Inda Estate 4, Desa Tridayasakti, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, kemarin. Mereka mendapat pelatihan keterampilan pembuatan tas. Pelatihan itu diselenggarakan jajaran pengurus Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) RW 012 untuk menambah keterampilan para Ibu Rumah Tangga (IRT).

Pelatihan itu juga dibimbing langsung seorang pelatih dari Bandung, Nenny Kartana dan Ketua PKK RW 012, Wagiyah. Menurut Nenny, pelaksanaan pelatihan diadakan untuk para IRT agar dapat mengelola barang-barang bekas menjadi tas berguna.

“Jenis kegiatan kreatif ini adalah pemberian motif kepada benda apa saja agar lebih menarik dan meningkat nilainya dari benda tersebut, yang dilatihkan pada saat ini adalah tas tangan yang polos direkatkan motif bunga, motif bunga ini diambil dari semacam kertas tisu yang bermotif. Motif yang ada di tisu itulah yang berpindah ke tas tangan” jelas Nenny Kartana, kepada Radar Bekasi.

Sementara itu, Ketua RW 012, Ragil Saputra mengatakan, para IRT di wilayahnya sudah lama mengharapkan adanya pelatihan keterampilan produksi kreativitas. Dirinya pun mengaku bangga atas terlaksananya pelatihan yang merangkul PKK tersebut. Menurutnya, pelatihan keterampilan itu memang sangat berguna bagi IRT.

“Sudah lama cita-cita agar IRT di perumahan ini dapat berproduksi. Hari ini (Minggu) mudah-mudahan suatu langkah pertama, dan bermanfaat buat seluruh warga RW 12 Perumahan Tridaya Indah Estate 4”, ucap Ragil.

“Kita akan terus memberdayakan para ibu-ibu PKK di lingkungan kita. Karena, kegiatan seperti ini (pelatihan) memang sangat diharapkan ibu-ibu agar memiliki aktivitas di waktu luang nya”, sambung Ragil.

Di saat bersamaan, terlihat juga Staf Ahli Anggota DPR/MPR RI Eric Surana. Dirinya menjelaskan bahwa IRT harus banyak memiliki keterampilan. Hal itu diperlukan untuk mengisi waktu luang dan bisa bernilai ekomominya.

“Ibu-ibu rumah tangga perlu banyak keterampilan untuk mengisi waktu luang yang bisa bernilai ekonomi. Kegiatan ini harus dikembangan terus”, katanya.

Terlihat antusias masyarakat yang mengikuti acara itu. Tokoh masyarakat, jajaran pengurus RT, Ketua DKM setempat juga menghadiri acara pelatihan tersebut. Sekedar diketahui, pemberdayaan masyarakat RW 12 Perumahan Tridaya Indah Estate 4 sangat terlihat. Tata kelola lingkungan, karang taruna, hingga acara-acara edukasi di perumahan itu kerap diadakan. (Cr37)

Related Articles

Back to top button