Berita Utama

Beban Jalan Kalimalang Meningkat

Radarbekasi.id – Dinas Perhubungan Kota Bekasi menyebut beban Jalan KH Noer Alie (Kalimalang) meningkat. Hal itu disebabkan karena adanya sejumlah proyek nasional dan kebijakan pemerintah pusat di wilayah setempat.

Beberapa proyek yang memengaruhi diantaranya ialah pembangunan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) di sekitar Caman, Pondokgede sampai dengan Jakasampurna, Bekasi Barat.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana mengatakan, kondisi lalu lintas di jalan tersebut semakin padat. Ia khawatir, jalan penghubung Bekasi dan DKI Jakarta menjadi rusak.

Meskipun kendaraan berat tidak berkontribusi menambah beban pada jam – jam sibuk karena hanya beroperasi pada malam hari. Namun, dapat menyebabkan kontruksi jalan mudah rusak maupun menimbulkan lubang.

Kebijakan ganjil genap di gerbang tol Bekasi Barat juga menambah beban jalan. Karena, pengendara angkutan pribadi beralih ke Gerbang Tol Cikunir 1 dan 3. “Meningkatnya sekitar 10 persen, tapi tidak sampai menimbulkan kemacetan parah, tapi beban jalan tersebut semakin besar dengan adanya kebijakan tersebut,” kata Yayan.

Ia menyatakan, pihaknya telah berkirim surat ke pemerintah pusat untuk meminta jaminan kondisi jalan. Supaya, tidak mengalami kerusakan seperti berlubang atau bergelombang.

Kasie Ruang Milik Jalan pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi, Arief Fadillah mengatakan, pemerintah pusat melalui kontraktor pembangunan tol Becakayu sudah bersedia melakukan pemeliharaan Jalan Kalimalang sepanjang dua kilometer lebih yang ada di Kota Bekasi. “Pemeliharaan rutin berupa tambal sulam,” ujarnya. (neo)

Related Articles

Back to top button