Metropolis

Maksimalkan Fungsi SDEW

Radarbekasi.id – Dalam rangkaian memperingati Hari Air Sedunia ke-26, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane menanam 120 pohon di Situ Rawa Pulo, Jatisampurna, Bekasi, Selasa (17/4).

Mengusung tema Lestarikan Alam untuk Air, dilaksanakan juga beberapa kegiatan lain seperti bersih situ, pemasangan instalasi panen air hujan untuk resapan, edukasi sungai dan lingkungan, serta aksi bersih Sungai Ciliwung.

Kepala BBWS Ciliwung Cisadane, Jarot Widyoko mengatakan, kegiatan ini dihelat karena ia menyadari semakin berkurangnya sarana tampungan air seperti situ, danau, embung, dan waduk (SDEW) yang seharusnya memiliki banyak fungsi.

“SDEW itu bisa sebagai tempat penampungan air, konservasi air tanah, sarana pengendali banjir, tempat wisata, dan sarana olahraga,” kata Jarot.

Kegiatan ini juga sebagai upaya mencegah semakin banyaknya SDEW yang kondisinya kritis, bahkan hilang karena diokupasi.

Oleh karena itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) beserta Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/BPN dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), sepakat bekerja sama melakukan perlindungan dan optimalisasi fungsi SDEW.

Jarot juga menjelaskan, sudah ada empat dari 21 situ yang tersertifikasi di Jabodetabek, yaitu Situ Cogreg di Kabupaten Bogor, Situ Pagam di Kabupaten Bogor, Situ Tlajung Udik di Kabupaten Bogor, dan Situ Rawalumbu di Kota Bekasi. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya pendukung dalam melestarikan alam untuk air.

Dan tak pula lupa, Jarot mengajak masyarakat yang hadir untuk bersama-sama menjaga dan mengamankan SDEW agar fungsi situ dapat tetap terjaga. (kub/gob)

Lebihkan

Artikel terkait

Lihat Juga

Close
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker