Pendidikan

Ratusan Siswa Ikut UNBK Susulan

Radarbekasi.id – Ratusan siswa SMA dan SMK di Kota Bekasi, kemarin mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) susulan. Mereka mengikuti UNBK susulan karena sakit, berduka dan mengalami gangguan server.

Salah satu sekolah yang mengalami gangguan server yakni SMAN 7 Kota Bekasi. Sebanyak 112 siswa jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMAN 7 Kota Bekasi hari ini mengikuti ujian susulan yang sempat terkendala pada hari ketiga pelaksanaan UNBK minggu lalu.

“Sinkronisasi sudah dilakukan kemarin, besok kita Bahasa inggris menggunakan dua ruang lab yang dibagi kedalam dua sesi, “ ungkap proctor SMAN 7 Kota Bekasi Doni Kurniawan saat ditemui Radar Bekasi, kemarin.

Menurut pengakuan Doni, gangguan server terjadi pada hari ketiga yang menyebabkan UNBK pada satu dari tiga lab yang digunakan terpaksa harus ditunda. Dia mengaku sudah mencoba berbagai macam cara hingga akhirnya pihak SMAN 7 Kota Bekasi berinisiatif untuk menghubungi Pusat Penilaian Pendidikan (PUSPENDIK) Provinsi Jawa Barat. Hasilnya, sekolah mendapat kebijakan untuk mengikut sertakan 112 siswanya pada kesempatan UNBK susulan.

Sekolah lain yang mengalami hal serupa yakni SMAN 16 Kota Bekasi, namun berdasarkan keterangan Doni, sekitar pukul 10 WIB server di SMAN 16 Kota Bekasi sudah bisa diakses dengan baik berbeda dengan sekolahnya yang pulih sekitar pukul 15:00 waktu setempat.

“Jam tiga sore baru bisa diakses dengan baik. Karena siswa sesi pertama sudah terlalu lama menunggu, sehingga tidak konsen akhirnya kita putuskan susulan. Kondisinya susah untuk siswa log in, ada yang bisa log in tapi tidak lama terlempar lagi “ tegasnya.

Pada kesempatan susulan hari kedua ini siswa menghadapi UNBK mata pelajaran Bahasa Inggris dan Peminatan pada masing-masing jurusan, sedangkan kemarin pada hari selasa dijadwalkan Bahasa Indonesia dan Matematika. (cr38)

Related Articles

Back to top button