Cikarang

Pembuatan KTP El Terkendala Jaringan dan SDM

Radarbekasi.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcatpil) Kabupaten Bekasi, mengakui ada sejumlah kendala dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El).

Jaringan internet dan Sumber Daya Manusia (SDM), menjadi penyebab lambannya poses perekaman dan pencetakan KTP-El di Kabupaten Bekasi.

“Kami akui memang ada sejumlah kendala. Di antaranya adalah jaringan internet, SDM, termasuk alat perekaman yang rusak. Lalu masih banyak blangko KTP-El yang kosong,” ujar Kepala Disdukcatpil Kabupaten Bekasi, Ali Sabana kepada Radar Bekasi.

Padahal, dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 19 Tahun 2018, tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan, sudah diatur proses penerbitan dokumen kependudukan harus dilakukan dalam rentan waktu 1-24 jam.

Menurut Ali, hal itu tidak mungkin bisa dilakukan di Kabupaten Bekasi. Pasalnya, ada beberapa kendala yang tidak mungkin pembuatan bisa selesai dalam waktu 24 jam.

“Kami masih sering mengalami kendala di jaringan dan SDM, kecuali semuanya bisa terpenuhi,” terang Ali.

Bahkan kata dia, selama ini jaringan masih jadi kendala, khususnya di setiap kecamatan yang sering luring (offline), karena untuk perekaman saja bisa membutuhkan waktu lama, belum lagi ada data warga yang tidak sesuai.

“Kami bekerja di Diskucapil tergantung jaringan dan SDM, serta sesuai Standard Operasional Prosedur (SOP). Kalau itu tidak mendukung, bagaimana mungkin bisa bekerja,” ucap Ali.

Lanjutnya, jumlah masyarakat di Kabupaten Bekasi sangat banyak, setiap tahunnya selalu bertambah. “Setiap hari, kami (Disdukcapil) harus melayani sampai 500 orang, itupun sudah dibatasi, belum lagi yang mengurus di kantor kecamatan,” tandas Ali. (pra)

Related Articles

Back to top button