Metropolis

Baznas Salurkan Dana Zakat Rp656 Juta

Radarbekasi.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bekasi, mendistribusikan dana Zakat kepada 56 Mushollah dan 24 gerobak untuk pelaku Usaha, Kecil, Menengah (UKM) binaan Baznas Kota Bekasi.

Penyaluran yang dirangkaikan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Baznas Kota Bekasi dengan Bank Tabungan Negara (BTN) Syariah cabang Kota Bekasi, di aula KH. Noer Ali Islamic Center, Bekasi Selatan.

Kegiatan penyaluran zakat tersebut dihadiri oleh pengurus Dewan Kemakmuran Masjid se-Kota Bekasi dan Unit pengumpul Zakat (UPZ) yang tersebar diseluruh Kecamatan di Kota Bekasi.

“Baznas Kota Bekasi kali ini menyalurkan dana sebsar Rp656 juta. Dana ini hanya untuk dua program yakni membenahi mushollah dan bantuan gerobak. Selain itu masih banyak lagi program lainnya seperti rumah tinggal laik huni dan membantu memberikan dana operasional kepada yayasan pendidikan yatim, ujar ketua panitia pendistribusian dana zakat Baznas Kota Bekasi Muhammad Aiz.

Dia menjelaskan, pada bulan suci Ramadan nanti, Baznas Kota Bekasi akan mendistribusikan kembali uang zakat untuk membantu santri dalam bentuk beasiswa sebanyak 3000 santri dan ustaz lekar (guru ngaji dimushollah).

Penyerahan dana zakat ini jika ditotal hampir menginjak angka Rp1 Miliar, pasalnya terdapat beberapa dana yang harus segera disalurkan dan beberapa lainnya lupa dicantumkan dalam back drop, demikian ungkap kepala Baznas Kota Bekasi Haji Paray Said.

“Masing-masing satu kelurahan satu mushollah sebesar Rp10 juta, rata-rata mushollah yang kita bantu yang berada diluar area komplek perumahan dan pada tahun ini sudah 20 kursi roda kita berikan kepada masyarakat yang membutuhkan “ ujar Paray.

Sejauh ini menurutnya, sudah 150 gerobak diberikan kepada para pedagang, masing-masing kecamatan 2 buah. Kegiatan ditutup dengan penyerahan dana zakat oleh Pejabat Wali Kota Bekasi secara simbolis kepada penerima zakat.

Sementara itu, Pejabat Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah mengatakan Baznas adalah lembaga kepercayaan masyarakat karena transparan dan akuntabel. “Apalah artinya saya tampa bantuan dan dukungan dari seluruh stakeholder maka apa yang kita cita-citakan Kota Bekasi yang Maju, Sejahtera dan Ihsan tak akan tercapai,” ungkapnya. (cr38)

Related Articles

Back to top button