Berita Utama

BPJS-TK Bekasi Kota Bayar Santunan Ratusan Juta

Radarbekasi.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) Cabang Bekasi Kota, menyerahkan santunan jaminan kecelakaan kerja yang berakibat meninggal dunia sebesar Rp791.732.410.

“Santunan sebesar Rp791.732.410 yang kami serahkan kepada masing-masing ahli waris ini untuk dua peserta,” ujar Kepala Bidang Pelayanan BPJS-TK Cabang Bekasi Kota, Khomsan Hidayat, Jumat (20/4).

Penyerahan santunan ini diberikan langsung kepada Imas Husnul Khotimah sebesar Rp336.737.040, selaku ahli waris dari Heri Heriyanto, yang merupakan karyawan PT Saranagriya Lestari Keramik dan meninggal dunia pada 28 November 2017 lalu karena kecelakan lalu lintas saat pulang kerja.

Selanjutnya, santunan diberikan kepada Mariana Soetopo sebesar Rp454.995.370, selaku ahli waris dari Rupoko Trisno, yang merupakan karyawan PT Sukanda Djaya dan meninggal dunia pada 13 Februari 2018, karena terpeleset yang mengakibatkan korban meninggal dunia di rumah sakit.

“Besaran santunan yang kami serahkan merupakan akumulasi dari klaim JKK, JHT, santunan kematian berkala, biaya pemakaman, dan beasiswa sekolah,” terang Khomsan.

Menurut dia, pemberian santunan kecelakaan kerja yang menyebabkan meninggal dunia bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan, merupakan perlindungan jaminan sosial dari amanah Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011.
Dalam UU tersebut disebutkan, bahwa setiap peserta yang mendapat musibah kecelakaan saat bekerja, wajib mendapat santunan, apalagi itu menyebabkan meninggal dunia.

“Bagi karyawan yang mengalami kecelakaan saat menjalankan pekerjaan yang menyebabkan meninggal dunia, maka ahli waris wajib mendapatkan santunan sebesar 48 kali gaji almarhum yang dilaporkan ke BPJS Ketenagakerjaan” jelasnya.

Sementara itu, Manajer PT Sukanda Djaya, Elen Edison mengakui, banyak karyawannya yang telah mendapatkan manfaat dari program jaminan sosial tersebut.

“Sudah banyak karyawan kami yang mendapatkan manfaat program tersebut, salah satunya adalah kecelakaan kerja yang sering terjadi. Karyawan benar-benar mendapatkan seperti yang telah dijanjikan oleh BPJS-TK,” terangnya. (oke)

Related Articles

Back to top button