Berita Utama

Menjadi ‘Kartini’ Zaman Now

Radarbekasi.id – Selamat pagi sobat zetizen apa kabarnya? Semoga kalian selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa..Amiin..

Oya, bagi teman-teman yang baru saja menyelesaikan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), selamatnya. Semoga hasilnya memuaskan. Kami juga mau mengucapkan selamat kepada teman-teman yang lulus SNMPTN. Sedangkan bagi kalian yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri melalui SBMPTN, selamat berjuang. Semoga lulus..Amin..

Tidak terasa ya sobat zetizen, kita sudah masuk pertengahan bulan april saja nih. Kegiatan apa saja nih yang sobat sudah lakukan di bulan april ini? Pasti banyak yaa. Tapi sobat zetizen ingat gak di bulan april ini ada hari nasional apa? Di Bulan ini ada seorang Pahlawan Indonesia yang lahir loh …. siapa yaa? Hayoo kita ingat lagi, karena Bangsa yang Besar adalah Bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya seperti kutipan dari Pak Soekarno..hehehe..

Kalau begitu, kita ingat lagi nih tokoh-tokoh pahlawan yang telah berjuang untuk Bangsa Indonesia jangan sampai kita melupakan perjuangan mereka yaa. Kembali ke topik awal, jadi siapa ya pahlawan Indonesia yang lahir di bulan april dan diperingati sebagai apa hari tersebut?

Yap Hari Kartini.. Yuk kita bahas lebih dalam lagi tentang hari kartini. Hari kartini yakni tanggal 21 april merupakan hari lahir dari ibu kita yakni Raden Adjeng Kartini yang lahir di Jepara tahun 1879. Dan kenapa ya tanggal 21 april diperingati sebagai hari kartini? Karena hal ini sebagai wujud penghargaan untuk menghargai jasa dari Kartini yang telah berjuang untuk kesetaraan hak terutama bagi para wanita yang dahulu dipandang sebelah mata.

Raden Adjeng Kartini banyak melakukan perjuangan agar para wanita bisa mendapatkan hak yang sama dengan para pria, seperti hak bersekolah untuk para wanita, kebebasan dan juga persamaan hukum untuk para wanita. Kartini dalam perjuangannya dibantu juga loh sama adik-adiknya yang salah satunya bernama Roekmini. Oleh karenanya R.A Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi. Dan sejak kapan yaa tanggal 21 april secara resmi diperingati sebagai Hari Kartini? Yakni sejak Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April, sebagai Hari Kartini yang diperingati setiap tahunnya. Kalau sobat zetizen ingin tahu lebih dalam tentang sejarah R.A Kartini bisa ditonton tuh filmnya yang berjudul “Kartini” yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo, keren loh filmnya….

Setelah membahas tentang sejarah Hari Kartini, kira-kira ada gak ya kartini di zaman sekarang ini? Bagaimana nih pendapat sobat zetizen tentang Kartini Masa Kini? Apakah hari kartini hanya identik dengan pakaian adat saja? Tidak. Hari Kartini bukan hanya untuk perempuan atau wanita yang berpakaian adat saja loh, melainkan hal ini sebagai perayaan karena dahulu kartini mengenakan pakaian adat di kesehariannya dan untuk itu sebagai wujud kita menghormati beliau.

Kartini masa kini adalah perempuan atau wanita yang berjuang untuk bisa menjadi panutan dalam menjalankan aktivitas yang setara dengan lainnya, tetapi tidak melupakan kodratnya sebagai perempuan. Jadi, bisa dikatakan sosok kartini hampir ada di dalam jiwa wanita indonesia, terutama di dalam jiwa Ibu kita. Benar tidak sobat zetizen? Ya… karena Ibu merupakan sosok yang menjadi panutan untuk anak dan keluarganya, serta bisa menjalankan segala kewajibannya tanpa melupakan kodratnya sebagai wanita. Tetapi tidak sedikit pula wanita yang merasa memiliki jiwa Kartini masa kini tetapi merusaknya dengan menyalahgunakan haknya dan merusak moral jati dirinya juga bangsanya. Jangan sampai ya sobat zetizen kita seperti itu. Oleh karenanya, kita harus tetap menjadi kartini masa kini yang cerdas, bijak, serta selalu memberikan hal yang positif dan bermanfaat untuk orang lain yaa…

Kita sebagai generasi milenial, tentunya bisa mengisi kemerdekaan atau perjuangan Kartini dengan kegiatan positif. Seperti belajar yang rajin, membantu orang tua atau yang membutuhkan pertolongan, kreatif dan masih banyak lagi.

Jadi, sebagai remaja zaman now seharusnya kita meniru sikap Kartini yang selalu optimis nih. Jika kalian memiliki sebuah cita-cita, jangan pernah ragu untuk selalu berjuang menggapainya.

Dengan memiliki sikap yang optimis dan mau selalu berjuang, pastinya impian pun bisa tercapai lho.
Selamat Hari Kartini untuk seluruh Kartini masa kini Indonesia… Semoga semangat R.A Kartini selalu ada di dalam jiwa Kartini masa kini. (Azizah/Pena Muda)

Related Articles

Back to top button