Metropolis

Petani Terancam Gagal Panen

Radarbekasi.id – Ribuan hektare sawah di wilayah utara Kabupaten Bekasi mengalami kekeringan. Kondisi ini membuat para petani merasa was-was. Pasalnya, mereka terancam gagal panen tahun ini.

Lahan pertanian yang mengalami kekeringan itu di antaranya terdapat di Desa Sukakerta, Desa Sukabudi, Desa Sukawangi, Desa Sukadaya, Desa Sukaringin, Kecamatan Sukawangi. Selain itu, Desa Jayabakti, Desa Sindang Jaya, Desa Sindang Sari Kecamatan Cabang Bungin. Desa Sukaindah, Desa Sukamurni, Desa Sukakarya Kecamatan Sukakarya juga mengalami hal serupa.

Sekretaris Desa (Sekdes) Sukakerta, Kecamatan Sukawangi, Marjaya mengatakan lahan pertanian di daerah tersebut mengalami kekeringan akibat menyempitnya saluran air Kali Cikarang yang juga mengalami pendangkalan. Selain itu, air banyak yang terbuang ke Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL).

“Ya saat ini para petani di utara Kabupaten Bekasi ini menjerit, karena tanaman padi mereka terancam gagal panen. Hal itu lantaran saluran air tidak mengalir dengan baik di wilayah ini, ” beber Marjaya belum lama ini.

Ia mengungkapkan, para petani di wilayahnya sudah melakukan swadaya membendung debit air kali di Cikarang Jati CBL agar air bisa digunakan untuk pertanian yang saat ini kekeringan, namun usaha belum memberikan hasil yang memuaskan.

”Setiap musim tanam petani selalu mengeluh akibat air yang langka untuk mengairi lahan pertanian di utara Kabupaten Bekasi ini,” bebernya. Pihaknya meminta agar Pemerintah Kabupaten Bekasi segera memperbaiki saluran air yang ada di wilayah itu.

Menanggapi hal itu, aktivis LSM Forum Rakyat Bersatu (Forbest) Kabupaten Bekasi, Karta Wijaya, mendesak agar dinas terkait segera melakukan langkah yang konkret demi membantu kesulitan petani terutama sistem pengairannya.

“Pemkab Bekasi harus segera mengatasi masalah kekeringan yang bakal mengancam kehidupan para petani. Jangan sampai petani tidak bisa merasakan hasil panen mereka,” tegas Karta.

Dia juga meminta kepada Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin agar memerintahkan bawahannya untuk segera meninjau langsung kekeringan yang melanda ribuan hektare lahan pertanian di utara Kabupaten Bekasi itu.

Selain itu juga, kekeringan melanda sawah petani di Desa Sukamantri, Desa Suka Wujaya, Desa Sukabakti, Kecamatan Tambelang serta Pantai Harapan Jaya Kecamatan Muara Gembong.

Dikabarkan sebelumnya, bahwa sejumlah petani dari beberapa wilayah di Utara Kabupaten Bekasi, melakukan pembendungan debit air di pintu air Cikarang Jati, Kali CBL. Hal itu dilakukan karena ribuan hektare sawah di pesisir Kabupaten Bekasi banyak yang mengalami kekeringan. (Cr37)

Related Articles

Back to top button