Berita Utama

Lima Sekolah Numpang UNBK

Radarbekasi.id – Belum siapnya fasilitas untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP, tampaknya ikut menjadi alasan bagi lima sekolah untuk melaksanakan ujian di sekolah lain.

Sebanyak lima sekolah yang berasal dari kota dan Kabupaten Bekasi itu menumpang di SMK Bina Karya Mandiri, Kelurahan Pengasinan.

Satu sekolah dari Kabupaten Bekasi, SMPN 4 Tambun Selatan dan empat sekolah dari Kota Bekasi. Empat sekolah tersebut: SMPN 16 Kota Bekasi, SMP Nurul Islam, SMP Al Mulya dan SMP Asufiah.

Bagian Kurikulum SMPN 16 Kota Bekasi, Tjandrawati mengatakan, pihaknya menumpang bukan karena tidak adanya komputer. Ia menyatakan pihaknya sudah menerima bantuan 60 unit laptop pada Jumat (20/4) lalu. Selain itu pihaknya sudah mendapatkan 30 unit komputer dari pemerintah pusat.

Tapi, untuk mempersiapkan segala perangkat pendukung UNBK seperti instalasi jaringan dan lainnya tentu membutuhkan waktu.

“Tapi tahun depan kita berharap dapat menyelenggarakan sendiri di sekolah kita,” katanya kepada Radar Bekasi saat ditemui di SMK Bina Karya Mandiri I, Selasa (24/4).

Ia menjelaskan, pihaknya menggunakan empat kelas di sekolah tersebut. Masing-masing kelas tersedia 40 unit komputer dan yang digunakan hanya 36. “Yang empatnya untuk cadangan, tapi sampai sekarang belum digunakan,” ujarnya.

Siswa SMPN 16 Kota Bekasi yang melaksanakan UNBK di sekolah tersebut ada sebanyak 389 orang. Mereka terbagi dalam tiga sesi.

“Yang pertama jam 07.30 WIB, itu empat kelas. Yang ke-dua jam 10.30 WIB itu juga empat empat kelas. Yang ketiga jam dua siang tiga kelas,” jelasnya.

Ia berharap supaya seluruh siswanya sukses dalam UNBK tersebut. Para siswa juga telah mengikuti try out UNBK menggunakan gawai dan laptop sebanyak tujuh kali. Selain itu, mereka juga telah mengikuti try out Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) sebanyak dua kali.

Sementara itu, hari kedua pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP di Kota Bekasi berjalan lancar. Siswa masuk dan keluar kelas tepat waktu.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Ali Fauzie menyatakan, sejak pukul 07.30 semua perangkat sudah siap beroperasi dan tidak ada gangguan koneksi server pada hari kedua pelaksanan UNBK.
Ia menyatakan, semua SMP Negeri di Kota Bekasi sudah melakukan UNBK. Sementara, untuk sekolah swasta masih belum keseluruhan.

Ia memaparkan, jumlah sekolah negeri di Kota Bekasi ada sebanyak 43 sekolah dengan siswa sebanyak 15.338 orang. Semuanya menjadi peserta UNBK.

Selain seluruh siswa SMP Negeri di Kota Bekasi yang akan menjadi peserta UNBK, ada sebanyak 321 orang siswa dari 6 SMPT juga akan menjadi peserta UNBK.

Ali menjelaskan, berdasarkan data peserta yang ia miliki, tidak semua sekolah swasta akan melaksanakan UNBK. Masih ada sekolah yang akan melaksanan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Dari jumlah siswa sebanyak 16.047 orang di 214 SMP Swasta, hanya 6.459 orang siswa di 74 sekolah yang menjadi peserta UNBK. Sisanya, sebanyak 9.558 orang siswa di 140 sekolah akan mengikuti UNKP.

Sekolah mandiri juga belum melaksanakan UNBK keseluruhan. Dengan jumlah siswa sebanyak 30.991 di 242 sekolah mandiri, baru sebanyak 12.228 siswa di 84 sekolah yang menjadi peserta UNBK. Selain itu itu, masih ada sebanyak 9.890 siswa di 39 sekolah menumpang yang akan menjadi peserta UNBK tahun ajaran 2017/2018. “Insya Allah tahun depan bisa UNBK semua,” ujarnya, Selasa (24/4).

Ia menjelaskan, pihaknya telah melakukan pengadaan komputer untuk pelaksanaan UNBK. Komputer tersebut pun sudah sampai di beberapa sekolah.

Tapi memang, masih ada sekolah negeri atau pun swasta yang menumpang ke sekolah lain karena minim fasilitas di sekolah masing-masing.

“Kan kalau mereka yang numpang itu kebetulan kereka sudah melakukan kerjasama dengan pihak sekolah bersangkutan yang jaraknya juga jaraknya dekat, tapi sebenarnya komputer sudah kita siapkan cuma instalasinya aja yang belum siap,” paparnya.

Ia berharap supaya siswa yang mengikuti UNBK tetap fokus dan tidak menghiraukan hal lain selama ujian berlangsung. (neo)

Related Articles

Back to top button