Politik

Suara Disabilitas Diincar RE-Tri

Radarbekasi.id – Suara kaum disabilitas tidak bisa dipandang remeh oleh Rahmat Effendi-Tri Adhianto. Paslon nomor urut satu ini pun punya perhatian khusus terhadap suara mereka.

Setidaknya dari 1.021 penyandang disabilitas yang memiliki hak pilih di Pilwalkot Bekasi, paslon wali kota-wakil wali kota ini membidik 70 persennya.

“Segmentasi penyandang disabilitas dapat menyuplai suara besar bagi paslon kami. Jumlahnya bisa memberikan efek perolehan suara,” ujar tim pemenangan Rahmat-Tri, Syaherallayali, Rabu (25/4).

Dia mengungkapkan penyandang disabilitas tidak menutup kemungkinan berpotensi menjadi perebutan suara bagi para kandidat. Pasalnya, jumlahnya yang cukup banyak, juga memiliki representasi luas karena dapat menyuarakan kebutuhan mereka melalui Pilwalkot Bekasi.

Kendati demikian, Ral menyatakan potensi suara dari penyandang disabilitas tidak sekedar memanfaatkan partisipasinya dalam pesta demokrasi lima tahunan Kota Bekasi. Melainkan adanya visi dan misi yang juga menawarkan kebutuhan penyandang disabilitas. Misalnya, seperti peningkatan kesejahteraan dan pemenuhan hak disabilitas tanpa mengalami diskriminasi sosial.

“Partisipasi mereka bukan sekedar untuk memenuhi kebutuhan suara, tapi sebagai pemenuhan supaya hak-hak mereka didapatkan,” tegas Ral.

Hal senada disampaikan Ketua Tim Pemenangan Pilwalkot DPD PAN Kota Bekasi Abdul Muin Hafiz. Dia mengatakan, partainya saat ini telah menggelar sosialisasi terhadap kelompok berkebutuhan khusus.

Sosialisasi ini juga sekaligus untuk mengantongi informasi untuk menyampaikan kepada Tim Pemenangan Rahmat-Tri. Menurutnya, penyandang disabilitas membutuhkan akses untuk memenuhi keserataan sebagai warga Indonesia.

“Kami memiliki impian bahwa kelompok disabilitas dapat memajukan Kota Bekasi, melalui perannya yang tak lepas dari perhatian paslon kami,” jelas Muin. (sar)

Related Articles

Back to top button