Cikarang

Tiga Unit UPTD Dihapus

Radarbekasi.id – Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bekasi, Hanief Zulkipli mengatakan, ada tiga Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) di Kabupaten Bekasi yang dihapus atau dihilangkan.

Ketiga UPTD yang dihapus, yakni Pendidikan, Keluarga Berencana (KB) dan Puskesmas.

Dijelaskan Hanief, penghapusan itu berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 12 Tahun 2017 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dalam Permendagri 12/2017 tersebut, terdapat klausul yang mengatur tentang penghapusan UPTD pendidikan tingkat kecamatan.

“Untuk pendidikan sudah tidak ada permasalahan, dan telah ditempatkan semuanya. Kepala UPT menjadi pengawas. Sedangkan kasubag menjadi koordinator pelaksana. Para staf nya menjadi staf di kecamatan atau kelurahan, maupun pelaksana di SD serta SMP,” katanya, Rabu (25/4).

Selain pendidikan, untuk semua kepala UPTD Puskesmas telah dihapuskan, maka akan menjadi tenaga fungsional dari sebelumnya struktural, dan untuk stafnya tidak mengalami perubahan. Pasalnya, di Puskesmas hanya hilang struktural saja menjadi fungsional.

“Karena mereka petugas profesi seperti guru,” terangnya.

Sementara untuk UPTD KB, lanjut Hanief, belum ditempatkan. Karena sampai saat ini belum ada kejelasan.

“Untuk ASN yang berada di UPTD KB belum ada kejelasan penempatan. Pasalnya, UPTD KB yang sebelumnya 23, dikerucutkan menjadi 12. Untuk sisanya sekitar 11 lagi, mau ditempatkan dimana, masih menunggu,” tandas Hanief. (pra)

Related Articles

Back to top button