Berita Utama

Wapres Tinjau Stadion Patriot Chandrabaga

Cek Kesiapan Asian Games 2018

Radarbekasi.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla meninjau pembangunan Stadion Patriot Chandrabaga untuk persiapan Asian Games Jakarta-Palembang 2018, Jumat (27/4).

JK beserta rombongan melakukan pemantauan sekitar 15 menit. Ia meninjau rumput, tribun stadion dan juga bench pemain.

JK hadir bersama rombongan pukul 08.15 dan meninggalkan lokasi sekitar 15 menit setelahnya. Ia didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono beserta jajaran dan Penjabat Wali Kota Bekasi, Ruddy Gandakusumah

Penjabat Pembuat Komitmen Pengembangan Penataan Bangunan Strategis (PPBS) 4 Kementrian PUPR, Kiagos Egie Ismail mengatakan, Stadion Patriot Chandrabaga masuk ke dalam zona dua.

Di zona dua, ada sejumlah Pembangunan yang dilakukan selain Stadion Patriot. Diantaranya ialah Stadion Wibawamukti, Stadion Pakansari dan Stadion Padjajaran serta Paragliding.

Ia menyatakan, Progres pembangunan stadion untuk venue Asian Games 2018 di zona dua sudah mencapai 56 persen walaupun baru mulai dikerjakan pada Desember 2017.

Renovasi di stadion yang akan menjadi venue sepakbola difokuskan pada perbaikan lapangan supaya tidak ada genangan air. Karena, berdasarkan syarat dari FIFA, genangan air di lapangan tidak boleh lebih dari 5 menit.

“Kita upayakan perbaiki genangannya, otomatis dari memperbaiki genangan, rumput pun kita perbaiki lagi,” katanya kemarin.

Rumput yang ditanam di lapangan tersebut berjenis Joycia Matrella dan sudah terpasang sejak awal April 2018. Saat ini sudah seratus persen dan hanya menunggu rumput tersebut tumbuh.

Selain rumput, ada sejumlah hal yang juga diperbaikinya seperti lampu. “Lighting – nya kita lebih atur lagi supaya lebih fokus ke lapangan terus jumlah kursi kita kurangi, karena kita harus menyediakan akses untuk disabilitas dan akses untuk evaluasi,” paparnya.

Ia menjelaskan, renovasi yang dilakukan di Stadion Patriot lebih kecil dibandingkan yang dilakukan di Stadion Utama Gelora Bung Karno. “Karena memang stadion ini sudah relatif baru, sebetulnya secara persyaratan standar pun sudah hampir semua terpenuhi, jadi kita memenuhi yang belum saja,” tambahnya.

Penjabat Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah mengaku akan berkordinasi dengan unsur Muspida dan dinas terkait untuk suksesi Asian Games.

“Intinya kita tidak akan menyia-nyiakan kesempatan dan kepercayaan kepada Kota Bekasi guna mendukung Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games. Terkait keamanan juga kita komunikasikan bersama unsur TNI-Polri Kota Bekasi,” tambahnya. (neo)

Related Articles

Back to top button