Berita Utama

Kejari Kebanjiran Laporan Dugaan Korupsi Cakades

Dugaan Korupsi Dana Desa Karang Asih Masuk Tahap Penyelidikan

Radarbekasi.id – Kepala Kejaksaan Negeri Cikarang, Risman Tarihoran mengaku mendapat banyak laporan dugaan penyalahgunaan dana desa oleh calon kepala desa (cakades) jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Bekasi.

“Di tahun 2018, karena tahun politik terutama pemilihan kepala desa, makanya banyak laporan yang masuk mengenai penyalahgunaan anggaran dana desa,” kata Risman kepada Radar Bekasi.

Ia menjelaskan, pihaknya tetap menanggapi laporan yang masuk berikut barang bukti yang disampaikan. Namun, sampai saat baru ada satu laporan yang melengkapi persyaratan dan telah masuk dalam tahap penyeledikan.

“Banyak yang melapor, tapi enggak dilengkapi barang bukti, maupun yang lainnya, hanya ada satu desa yang sekarang sedang tahap penyelidikan, yakni Desa Karang asih,” ujarnya.

Sementara itu, Sekjen Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Desa Kementrian PDTT, Dwi Rudi Hartio menyatakan, salah satu faktor yang menjadi penyebab munculnya masalah dalam pengelolaan dana desa ialah Sumber Daya Manusia (SDM) yang kurang mumpuni. Rata-rata, kepala desa hanya lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Dengan SDM yang rendah harus mengelola uang yang begituh banyak, ditambah lagi dengan berbagai aturan. Ini harus membutuhkan SDM yang mumpuni untuk menjadi Kepala Desa,”katanya.

Menurut Rudi, harus ada perubahan pola pikir dalam pengelolaan dana desa dengan cara melibatkan masyarkat untuk bermusyawarah.

“Harus ada forum-forum musyawarah, agar masyarakat bisa tahu apa saja yang akan dilakukan desa dan pihak desa bisa tahu apa saja kebutuhan masyakat, agar bisa diprioritaskan,” tutupnya. (pra)

Related Articles

Back to top button