Metropolis

Harga Ayam Naik, Beras Menurun

Radarbekasi.id – Menjelang datangnya bulan ramadan, harga komoditi daging dan ayam mulai merangkak naik di Pasar Baru Bekasi.

Seorang pedagang, Jumadi (41), menjelaskan, harga daging sapi yang mulanya Rp110 ribu naik menjadi Rp120 ribu per kilogram.

Sedangkan untuk daging ayam potong Rp21ribu menjadi Rp30 ribu per ekor sementara ayam pendaging awalnya Rp49 ribu menjadi Rp55 ribu.

Ia mengaku jika kenaikan harga komoditi ini naik sejak satu pekan lalu. Malahan ia memproyeksikan akan terus mengalami kenaikan.“Bisa naik terus sampai bulan puasa hingga lebaran,” katanya.

Jumadi mengatakan, dampak kenaikan harga menjadi dagangannya kurang diminati oleh masyarakat.
“Ya, paling yang belanja itu tukang sayur atau ayam keliling ke perumahan warga, biasanya kan ibu rumah tangga banyak beli, sekarang sepi,” ujarnya.

Sementara itu, harga beras mengalami penurunan sejak dua bulan terakhir ini. Demikian disampaikan pedagang beras di Pasar Baru Kranji, Kopral.

Kopral menjelaskan, penurunan harga beras di picu lantaran banyaknya pasokan petani yang mulai panen.

Beras yang mengalami penurunan harga contohnya adalah merek Ahmad, yang awalnya Rp65 ribu kini menjadi Rp52 ribu per karung.

Beras pulen yang semula dipasarkan pada kisaran harga Rp550 ribu kini mengalami penurunan menjadi Rp490 ribu per karung.

“Sedangkan beras Pera, Rp73 ribu terus sempet turun Rp56 ribu tapi sekarang naik lagi jadi Rp62 ribu per karung,” ucapnya.

Penurunan harga berlaku pada beras yang dijual eceran. Misalnya jenis beras pulen Pandan Wangi Rp15 ribu kini Rp13 ribu perliter dan beras pulen biasa Rp7 ribu kini Rp5 ribu perliter.

Sejauh ini, kata Kopral, Beras yang paling diminati di tempatnya adalah Pandan wangi, Saigon dan Ahmad. Bukan hanya itu penurunan harga beras ini juga dirasakan oleh kenaikan omsetnya.

“Omsetnya lumayan naik kalo beras lagi turun begini, kita juga jadi gak bingung jual berapanya,” tutupnya. (kub/dyt/gob)

Close