Metropolis

Pangdam Jaya Tutup TMMD 101

Rutilahu dan Jalan Rusak Bekasi Utara Berkurang

Radarbekasi.id – Panglima Daerah Militer Jaya/Jayakarta, Mayor Jenderal TNI Joni Supriyanto secara resmi menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-101 tahun 2018 Kota Bekasi pada Kamis, (3/5).

TMMD kali ini dipusatkan di Kelurahan Kaliabang Tengah Kecamatan Bekasi Utara dari tanggal 4 April hingga 3 Mei 2018 dan dihasilkan sejumlah kegiatan fisik dan non fisik bagi warga masyarakat.

Upacara penutupan TMMD Ke-101 diisi kegiatan penandatanganan naskah serah terima proyek oleh Pangdam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto, Dandim 0507/Kota Bekasi Letkol Arm Abdi Wirawan juga selaku Dansatgas TMMD dan Penjabat (Pj) Walikota Bekasi Ruddy Gandakusumah di lapangan sepakbola Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi.

Turut menyaksikan Danrem 051/Wijayakarta Kolonel Inf Bobby Rinal Makmun, Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Wijonarko, para aparatur wilayah, Camat Bekasi Utara, Lurah se-Kecamatan Bekasi Utara, para Babinsa dan Babinkamtibmas.

Disusul kegiatan pemberian simbolis kunci hasil bedah rumah dan penyerahan bantuan kepada berbagai pihak dan peninjauan Bhakti sosial berupa pengobatan umum, pengobatan herbal/tradisional, pembagian kacamata baca, dan pembagian paket sembako.

Pangdam Mayor Jenderal TNI Jaya Joni Supriyanto mengatakan TMMD dilakukan guna membangkitkan semangat kegotong-royongan antara TNI, Polri dan masyarakat.

“Kemanunggalan TNI lewat TMMD, operasi lintas sektoral ini juga terlaksana atas dukungan pemerintah daerah dan Polri sebagai upaya percepatan pembangunan dan menggerakkan kembali semangat gotong-royong sehingga ada rasa memiliki atas apa yang sudah dibangun bersama,” ungkap Pangdam Jaya Joni Supriyanto.

“Ini juga dilakukan karena kemanunggalan TNI dan Rakyat demi keutuhan NKRI,” sambungnya.

Lanjutnya, sejumlah pengerjaan fisik yang telah dilakukan bersama diantaranya pengerjaan lima ruas jalan lingkungan, renovasi rumah ibadah, dan program bedah sebanyak lima rumah tidak layak huni (Rutilahu).

Kemudian kegiatan non fisik berupa sosialisasi bidang pelayanan kesehatan, sosial, anti narkoba dan miras serta pendidikan wawasan kebangsaan bagi masyarakat. Ia berharap sarana yang dibangun dapat bermanfaat luas dan warga terus memeliharanya.

Selain itu, ia menyebutkan tidak kalah penting bagaimana lewat TMMD bisa membangun karakter bangsa khususnya generasi muda yang kompetitif dan mewujudkan kemandirian bangsa.

Mengingat, urgensi dan manfaat bagi warga, TNI AD akan kembali menggelar TMMD lanjutan di berbagai daerah pada bulan Juli nanti. TMMD Ke-102 akan dilaksanakan dan bersinergi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.
Sementara itu, Pj Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah mengapresiasi kegiatan TMMD sebagai upaya mengajak peran serta masyarakat dalam pembangunan. Ia pun berharap program TMMD reguler pada masa mendatang bisa menyasar wilayah lain di Kota Bekasi.

“Sinergitas tiga pilar di Kota Bekasi akan semakin kuat dengan jiwa kegotong-royongan dan demi menjaga ketertiban dan keamanan wilayah sehingga tercipta wilayah zero criminal,” harap Ruddy.

Dalam penutupan TMMD yang di lakukan di lapangan Kecamatan Bekasi Utara pada hari Kamis (3/50 pagi, Camat Bekasi Utara, Lukman Hakim mengatakan, dengan adanya Program TMMD rumah tidak layak huni (rutilahu) serta jalan rusak diwilayahnya berkurang dengan adanya program TMMD ini.

Hal ini diakuinya, saat Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 tahun 2018 di Lapangan Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi.

“Saya berterimakasih dengan adanya Program TMMD ini dan juga para anggota TNI di seluruh Indonesia yang sudah membantu dilingkungan saya yang berupa perbaikan rumah maupun jalan. Dengan adanya TMMD ini, warga merasa senang dan terbantu,”kata Lukman. (adv/pay)

Related Articles

Back to top button