Cikarang

Pemkab Miliki 23 Forum Anak

Radarbekasi.id – Pemkab Bekasi telah memiliki 23 forum anak yang berada di seluruh kecamatan. Pembentukan forum dilakukan untuk mencegah terjadinya kasus yang menimpa anak di bawah umur.

Sekretaris Dinas (Sekdis) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bekasi, Ranilsah mengatakan, predator pelaku pencabulan kepada anak cenderung orang dari lingkungan terdekat.

Dengan adanya forum tersebut, diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kasus pencabulan terhadap anak. “Forum anak tahun lalu ada di 15 kecamatan, untuk tahun ini 23 kecamatan sudah ada forum anak. Diharapkan kita bisa dengar keluhan anak dan juga menjadi keterwakilan mereka (anak),” ujarnya.

Pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada orang tua di setiap kecamatan supaya komunikasi orang tua dan anak berjalan dengan baik. Pasalnya, salah satu penyebab terjadinya kasus yang menimpa anak ialah minimnya komunikasi anak dengan keluarga.

Persoalan tersebut, kata dia, dapat membuat anak merasa sebagai orang yang kurang diperhatikan dan kurang kasih kasih sayang. Sehingga, mereka rentan terjebak dalam pergaulan bebas.

Perempuan yang akrab disapa Nana ini menjelaskan, salah satu faktor penyebab munculnya kasus pencabulan ialah busana mini yang dikenakan anak.

Berdasarkan data yang dihimpun Radar Bekasi, terdapat sebanyak 26 kasus terhadap anak sepanjang bulan Januari sampai dengan Mei 2018.

Sepuluh kasus diantarnya merupakan kasus pelecahan seksual dan pemekorsaan. Sementara, 16 kasus lain ialah pembuangan bayi, perebutan hak asuh, tawuran pelajar dan kasus pelayanan kesehatan anak.

“Faktor yang mengakibatkan terjadinya pencabulan yaitu pertama dari busana (Anak) yang dinilai terlalu minim dan membuat tergiur lelaki,” ujarnya.

Ia menambahkan, faktor lain yang menjadi penyebab munculnya kasus kepada anak ialah karena perkembangan era digital dan faktor lingkungan.

Pihaknya akan terus melakukan sosialisasi sebaga upaya meminimalisir berkurangnya kasus – kasus yang menimpa anak. (pra)

Close