Cikarang

Harga Kebutuhan Pokok Harus Sesuai HET

Radarbekasi.id – Harga kebutuhan pokok harus sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET). Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi akan melakukan operasi pasar untuk memantau harga sembilan bahan pokok jelang memasuki Bulan Ramadan.

Kepala Bidang Pengawasan Pengendalian Evaluasi dan Promosi pada Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi, Doni Sirait mengatakan, pedagang bahan kebutuhan pokok diharapkan menjual produk sesuai dengan HET.

Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 27/m-dag/per/5/2017 tentang Penetapan Harga Acuan Pembelian di Petani, dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen.

“Monitoring akan terus kita lakukan untuk menjaga kestabilan harga sembilan kebutuhan pokok, karena rawan sekali di mainkan sama pedagang,” kata Doni kepada Radar Bekasi.

Ia mengklaim sudah melakukan sejumlah langkah antisipasi agar tidak terjadi kelangkaan bahan kebutuhan pokok dari bulan Januari hingga bulan Mei 2018. “Kita selalu monitoring sejak bulan Januari, dan laporan dua minggu sekali kita lakukan,” tambahnya.

Doni akan berkoordinasi dengan Satgas Pangan supaya ikut serta dalam melakukan pengawasan harga kebutuhan pokok. Jika tidak sesuai dengan harga eceran tertinggi, ia berharap Satgas Pangan dapat melakukan penindakan.

“Satgas pangan sudah dibentuk tahun kemarin, yang dipimpin langsung kepolisian. Nanti kami akan bekerjasama dengan pihak satgas saat operasi atau monitorng pasar,” tuturnya.(pra)

Related Articles

Back to top button