Metropolis

Kampanyekan Olahraga, Ciptakan Masyarakat Anti Hoax

Radarbekasi.id – Bekasi 10 K Run For Anti Hoax sukses dihelat di Kota Bekasi Minggu (6/5) kemarin. Masyakarat dari berbagai kalangan antusias mengikuti kegiatan yang dihelat Polres Metro Bekasi Kota, Pemkot dan KONI Kota Bekasi.

Kegiatan olahraga sekaligus upaya edukasi masyarakat tentang bahaya berita hoax atau bohong tersebut start dan finish di Plaza Pemkot Bekasi.

Berbarengan dengan kegiatan acara Car Free Day (CFD) ribuan masyarakat nampak memadati Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, yang juga menjadi rute para peserta.

Tingginya antusiasme masyarakat mengingat penyelenggara menggratiskan biaya pendaftaran tersebut. Panitia mencatat 1500 orang tedaftar, dan jumlah tersebut merupakan batas kuota peserta.

Kapolres Metro Bekasi Kota sekaligus penyelenggara Bekasi 10 K Run For Anti Hoax, Kombespol Indarto mengungkapkan, dalam kegiatan tersebut, pihaknya ingin masyarakat kota bekasi khususnya, sehat dengan berlari. Karena berlari olahraga yang paling murah meriah dan memiliki peran signifikan terhadap kesehatan.

Disamping itu tujuan mengedukasi masyarakat tentang bahanya berita hoax juga menjadi perhatian, seiring perkembangan teknologi, media sosial, masyarakat diminta untuk cerdas memanfaatkanya. “Kita memang seakan-akan hanya broadcast tetapi dampaknya bisa mengganggu bangsa dan negara apabila berita hoax atau bohong di benarkan oleh masyarakat, maka dari itu kita mengajak masyarakat untuk berfikir cerdas apabila berita pesan broadcast atau dari medsos untuk mengecek keaslian berita atau pesan itu,” ujarnya.

Dilokasi yang sama Pj Walikota Bekasi Ruddy Ganda Kusuma mengapresiasi kegiatan tersebut. Lewat acara tersebut pemkot bekasi mempunyai tiga keuntungan. Pertama kesehatan, kedua bisa menjadi kegiatan destinasi wisata, ketiga ajang tersebut sekaligus mensosialisasikan Asian Games 2018 dimana Stadion Patriot Kota Bekasi juga dijadikan sebagai venue sepakbola.

“ Saya kira kegiatan yang di gagas tidak berhenti di sini. Sebagai tahun politik saya berharap kepada warga untuk berhati-hati dalam mendapat kabar berita, warga harus lebih cerdas dan dapat mencari kebenaran,” tukasnya.

Sementara, Ketua KONI Kota Bekasi, Abdul Rosyad Irwan menjelaskan, banyak atlet Kota Bekasi yang terlibat pada kegiatan tersebut.

Jelang hajat olahraga Pekan Olahraga Daerah dan Asian Games 2018, hal itu sekaligus menggaungkan semangat olahraga di Kota Bekasi.

“Pada kegiatan lari 10 dan 5 ribu meter, banyak atlet kita yang ikut serta untuk meramaikan dan mengasah kemampuan mereka juga, karena ini tahun yang pertama mengadakan kegaiatan seperti ini tahun-tahun berikutnya akan kita adakan,” paparnya.

Komunitas Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) juga turut serta pada kegiatan tersebut. “Saya sangat mendukung sekali kegiatan ini, karena satu tujuan yakni ingin menjauhkan masyarakat dari berita hoax. Kegiatan ini kita semuanya ikut serta dan terus membantu menggencarkan anti hoax,”tandas Lastri, Anggota Mafindo.

Ketua Panitia Bekasi 10 K Run For Anti Hoax, Indaryanti mengatakan, panitia membatasi peserta sebanyak 1500 peserta. Pembatasan kuota karena waktu persiapan yang mepet, agar jumlah peserta tidak membludak dan terkontrol. “Pendaftaran itu gratis maka dari itu kita batasi karena waktu yang kita punya juga sangat sedikit,” katanya yang mengagendakan kegiatan tersebut bisa menjadi ajang tahunan. (pay)

Related Articles

Back to top button