Berita Utama

Pelaku Industri BPR Harap Keberpihakan Pemerintah

Radarbekasi.id – Pelaku industri Bank Perkreditan Rakyat (BPR) berharap adanya keberpihakan lebih dari pemerintah untuk mendukung pertumbuhan bisnis di tahun ini.

“Kondisi bisnis BPR tahun ini akan tetap tumbuh, bagus dan cerah. Hanya saja, kami harapkan dukungan dari pemerintah. Karena, BPR itu bank komunitas,” ujar Komisaris Utama BPR Sinar Terang, Soedeson Tandra.

Hal itu dikatakan Soedeson, saat ditemui dalam acara seremoni peresmian kantor pusat BPR Sinar Terang di Ruko Emerald Commercial Kawasan Summarecon Bekasi, Senin (7/5).

Sebagai bank komunitas, jelas dia, BPR berhadapan langsung dengan masyarakat melalui pinjaman kredit. Oleh karena itu, Ia menegaskan bahwa campur tangan dari pemerintah terhadap BPR sangatlah penting.

“Kita itu berhadapan langsung dengan masyarakat kecil. Mereka enggak punya rekening koran atau jaminan, bank umum susah memberikan kredit. Kitalah yang memberikan kredit,” jelasnya.

Salah satu keberpihakan yang diharapkan oleh BPR dari pemerintah, cukup simpel. Pemerintah harus bisa mencegah pembuatan idenditas ganda yang dapat dimiliki oleh masyarakat.

Selama ini, sambung dia, pihaknya cukup khawatir dengan adanya idenditas ganda yang dimiliki oleh satu orang. Sebab, hal itu dapat menggangu pertumbuhan bisnis BPR.

“Bank itu hanya intermediasi. Anda tabung ke saya, nanti saya kasih bunga berapa. Anda mau pinjam, saya kasih bunga lima persen. Keuntungan kita, marginnya kecil. Kalau kemudian ada yang memasukan idenditas ganda, habislah kita,” paparnya.

Soedeson, mengungkapkan pada tahun lalu BPR Sinar Terang berhasil menyalurkan kredit sebesar Rp50 miliar. Sementara, penyaluran kredit pada tahun ini ditargetkan sebesar Rp100 miliar.

Sampai dengan kuartal pertama 2018, bank yang memiliki lebih dari 1.000 nasabah ini sudah berhasil menyalurkan kredit diangka Rp50 miliar. Oleh karena itu, pihaknya optimis penyaluran kredit yang ditargetkan di tahun ini dapat terealisasi.

“Penyaluran kredit kita arahkan kepada produktivitas, seperti kredit modal kerja maupun investasi,” tukasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama BPR Sinar Terang, Buana Wikasa, menambahkan dengan pemindahan kantor baru tersebut, maka pertumbuhan diharapkan pada tahun ini dapat lebih maksimal ditengah pergerakan ekonomi masyarakat yang mulai tumbuh saat ini. Kantor baru dikawasan pusat bisnis Summarecon Bekasi juga diharapkan bisa berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kami hadir dipusat bisnis agar keberadaan kami bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Kami tumbuh secara bisnis, maka masyarakat kehidupanya juga lebih baik dengan kehadiran kami,” kata Buana. (oke)

Related Articles

Back to top button