Life Style

Menyusun RPJMD Lebih Berkualitas

Radarbekasi.id – Pesta demokrasi yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2018 mendatang tentunya akan melahirkan visi dan misi baru dari Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi terpilih, yang selanjutnya akan dituangkan dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengan Daerah (RPJMD).

Dokumen RPJMD yang akan disusun merupakan pelaksanaan dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Bekasi Tahun 2005 – 2025 dengan mengusung tema pembangunan“Memperkuat Struktur Perekonomian Kota” yang selanjutnya akan diterjemahkan kedalam Rencana Kerja Pemerintah Kota Bekasi (RKPD) setiap tahunnya.

“Tahun 2019 merupakan awal pelaksanaan RPJMD Kota Bekasi tahun 2018 – 2023, dengan mengangkat tema pembangunan yaitu ‘Penguatan Tata Kelola Struktur Perekonomian’ tentunya ini menjadi tantangan bagi kita semua untuk mensukseskannya, karena kedepannya akan dikolaborasikan dengan visi dan misi wali kota dan wakil wali kota terpilih masa bhakti lima tahun kedepan.” kata Indra Nugraha Fungsional Perencanaan Bappeda Kota Bekasi, kemarin Selasa (8/5).

Indra juga memaparkan, Setiap perencanaan pembangunan yang dilaksanakan di kabupaten ataupun kota harus selaras dengan program Nasional dan Provinsi Jawa Barat.

Dikatakannya, Tahun 2019 merupakan awal dari pelaksanaan RPJMD Kota Bekasi Tahun 2018-2023. Isu strategis RKPD Kota Bekasi tahun 2019 mencakup tiga bidang. Pertama bidangpembangunan manusia dan masyarakat dengan isu strategis peningkatan layanan kesehatan, peningkatan layanan pendidikan serta penanggulangan kemiskinan.

Selanjutnya, dengan isu tematik banjir, kemacetan dan penataan ruang,optimalisasi kualitas sarana prasarana dasar perkotaan (sanitasi, utilitas, air bersih, kawasan kumuh, kebakaran, sampah) serta pelayanan informasi komunikasi data dan pengembangan iptek dan inovasi. Ketiga, bidang ekonomi dan sumberdaya air dengan isu strategis terkaitpengelolaan keuangan daerah penanaman modal dan perizinan, pengembangan UMKM, perdagangan, industri, dan pariwisata, serta pengembangan lingkungan hidup dan ketahanan pangan.

”Berdasarkan hasil usulan kegiatan melalui e-musrenbang saat ini jumlah usulan kegiatan tahun 2019 mencapai 8.259 dengan rincian kegiatan melalui on line sebanyak 5.422 dan tanpa on line sebanyak 2.837.”jelasnya.

Sementara itu Kepala Bappeda Kota Bekasi, Koswara Hanafi mengatakan, beberapa persoalan penting dan menjadi tiga kriteria program yang harus jadi pertimbangan.

Pertama program strategis atau tematis, kedua, program prioritas ketiga adalah program pendukung atau umum yaitu program untuk mendukung berjalannya proses percepatan pembangunan tematis dan pelayanan dasar di Kota Bekasi.

“Fokus prioritas pembangunan tahun 2019 meliputi bidang Sumberdaya manusia, kelembagaan, regulasi, infrastruktur dan birokrasi, seperti terlihat pada bagan rancangan awal RKPD tahun 2019.”ujanya
Untuk mendorong semakin tingginya minat investasi di Kota Bekasi akan diupayakan untuk melakukan perbaikan fasilitas perdagangan, serta memperkuat iklim investasi dengan melakukan penataan perda tentang investasi, sehingga dapat terwujudnya skema public private partnership yang menguntungkan semua pihak.

“Dalam upaya meningkatkan perekonomian daerah pemeritah berupaya untuk meningkatkan para wajib pajak serta pengelolaan PAD secara efektif dan efisien. Beberapa indikator keberhasilan capaian tahun keempat ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah investor yang masuk ke Kota Bekasi, meningkatnya wajib pajak dan pencapaian Pendapatan Asli Daerah.”jelasnya.
Arah kebijakan dan isu strategis nasional menjadi acuan dalam merencanakan pembangunan, baik itu bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Untuk dapat mewujudkan Bekasi Kota Kreatif Yang Ihsan Tahun 2025 harapannya, agar proses perencanaan pembangunan yang dilaksanakan ini melalui keterpaduan antara pendekatan top down policy dengan bottom up planning. ”Kita berharap agar seluruh pemangku kepentingan mampu menghadirkan proses perencanaan pembangunan yang efisien, efektif, partisifatif dan akuntabel sehingga dokumen perencanaan pembangunan yang berkualitas akan tercapai.” pungkasnya. (adv/pay)

Related Articles

Back to top button