Metropolis

BPKAD Tingkatkan SDM Pengelolaan Keuangan Daerah

Target Pertahankan Opini WTP

Radarbekasi.id – Bimbingan Teknis (Bimtek) dilakukan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pengelolaan keuangan daerah.

Bimbingan teknis pengelolaan akuntansi perangkat daerah dan PPKD, dihelat BPKAD Kota Bekasi di Function One Jalan Jendral Sudirman Kelurahan Harapan Mulya, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi
Puluhan peserta dari BPKAD mengikuti kegiatan bimbingan teknis pengelolaan akuntansi perangkat daerah dengan narasumber dari perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat, Ahmad Zahidin serta Kepala Bidang Akuntansi beserta jajaran Rabu (9/5).

Dalam sambutannya Kepala BPKAD Kota Bekasi, Supandi Budiman menyampaikan, tentang realisasi Peraturan Pemerintah (PP) nomor 71 tahun 2010. Didalamnya meliputi standar akuntansi pemerintahan, fungsi dari laporan keuangan pemerintah daerah menyediakan informasi yang relevan, mengenai posisi keuangan dan seluruh transaksi yang dilakukan oleh suatu entitas pelaporan selama satu periode pelaporan.

Dalam rangka pertanggung jawaban penggunaan APBD, maka dilakukan pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) oleh BPK RI, untuk mendapatkan opini, yang terdiri dari empat jenis opini yaitu, Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Wajar Dengan Pengecualian (WDP), Tidak Wajar atau Tidak Menyatakan Pendapat (Disclaimer).

“Alhamdulillah pemerintah Kota Bekasi telah mendapatkan opini WTP sebanyak dua kali yaitu tahun 2015 dan 2016.”katanya.

Menurutnya, penyusunan laporan keuangan Pemerintah Kota Bekasi tahun anggaran 2017 saat ini sedang berlangsung pemeriksaan terinci oleh BPK RI perwakilan Jawa Barat. ”Semoga tahun ini kita bisa kembali mempertahankan opini WTP atas LKPD dengan kualitas yang semakin baik,”tambahnya

Sambung Supandi, target mempertahankan pedikat WTP atas LKPD ditempuh dengan berbagai upaya, diantaranya optimalisasi pemanfaatan sistem informasi, optimalisasi perencanaan, pelaksanaan, penyusunan laporan APBD sesuai standar, operasional prosedur yang telah ditetapkan, juga pelaksanaan penatausahaan keuangan yang tertib.

Di samping itu didorong dengan peningkatan kapasitas sumber daya manusia pengelola keuangan daerah sebagai penyusun laporan keuangan SKPD dan SKPKD.
Dalam rangka upaya peningkatan kapasitas SDM pengelola keuangan daerah, maka bidang akuntansi BPKAD Kota Bekasi menyelenggarakan kegiatan Bimtek.

“Saya harap peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan sungguh–sungguh, aktif dan bersemangat sehingga dapat meningkatkan kapasitas peserta selaku penyusun laporan keuangan SKPD yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas laporan keuangan SKPD,”tegasnya.

Target mempertahankan WTP atas LKPD ditempuh dengan berbagai upaya yaitu memperbaiki sistem informasi, SOP dan penatausahaan serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Peningkatan kemampuan pengelola keuangan perangkat daerah sesuai standar akuntansi pemerintahan. (adv/pay)

Related Articles

Back to top button