Berita Utama

Kredit Macet UMKM Binaan Relatif Kecil

Radarbekasi.id – PT Jasa Marga Cabang Tol Jakarta-Cikampek mengklaim telah memiliki 1.584 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mitra binaan sampai April 2018.

Manajer Community Development Program PT Jasa Marga Tol Jakarta-Cikampek, Dani Ardiadi, mengatakan dari 1.584 pelaku UMKM binaan, belum lama ini pihaknya telah memberikan pinjaman modal usaha kepada 48 UMKM untuk mendukung usaha mereka.

“Pinjaman modal kami diberikan berkisar Rp15 sampai Rp30 juta,” ujar Dani, kemarin.

Menurut Dani, pinjaman modal yang selama ini diberikan selama ini telah mampu mengembangkan bisnis para mitra binaannya. Hal itu terbukti dari kemampuan mereka untuk mengembalikan pinjaman tepat waktu.

Selain itu, mitra binaan juga telah mampu menyampaikan laporan pengelolaan keuangan. “Untuk yang mengalami kredit macet juga ada, walaupun jumlahnya relatif kecil, hanya 5 persen dari total 1.584 mitra binaan,” bebernya.

Dani menjelaskan, mitra binaan yang mengalami kredit macet mayoritas disebabkan karena persoalan pailit. Diantaranya, pengelolaan keuangan yang tidak berjalan dengan baik.

“Mitra binaan yang mengalami kredit macet, telah dilakukan pendampingan usaha yang fokus pada masalah pengelolaan keuangan hingga pengembangan skala pasar,” jelasnya.

Dikatakannya, jenis usaha ribuan mitra binaan itu seperti makanan dan minuman. Bagi mitra binaan yang terbilang mandiri dan sukses mengelola usahanya secara tepat guna, pihaknya tetap mendampingi dan mengikutkan mereka dalam berbagai kegiatan pameran.

“Mereka yang sudah berkategori mandiri kita ikut sertakan dalam kegiatan pameran, salah satunya Inacraft di Jakarta setiap tahunnya,” katanya.

Dani memaparkan, keberhasilan usaha di wilayah tersebut tidak lepas dari perkembangan iklim usaha di wilayah kerja Jasa Marga Jakarta-Cikampek. Diantaranya, mulai dari wilayah Bekasi, Karawang, Cikampek, dan Purwakarta.

“Wilayah Jabodetabek ini perputaran ekonominya terbilang cepat. Di Jabodetabek kita juga dibantu pemerintah daerah yang intensif membangun bisnis skala kecil yang sangat membantu mitra binaan kita untuk membuka wawasan,” pungkasnya. (oke)

Related Articles

Back to top button