Berita Utama

Simulasi Coblosan Pilwakot Kurang Diminati

Radarbekasi.id – Simulasi pemungutan suara Pilwalkot Bekasi di TPS 55, Perumahan Bumi Satria Kencana (BSK), RW 22, Kelurahan Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, kemarin, tampaknya kurang diminati para pemilik hak pilih. Dari 387 orang yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), nyatanya hanya 145 warga yang datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya.

Komisioner KPU Kota Bekasi Kanti Prajogo mengakui rendahnya partisipasi pemilih dalam simulasi ini. “Ini bagian dari kesulitan kita di perkotaan. Walaupun kita sosialisasi dengan masif. Peserta juga dapat intensif berupa makan, kaos, dan ongkos transportasi. Tapi kenyataannya, ya belum maksimal yang hadir,” ujar Kanti.

Kanti menambahkan, pihaknya akan melakukan evaluasi terkait memasifkan sosialisasi Pilkada 2018. Dia berharap saat hari H, warga keterlibatan warga akan semakin banyak.

“Ini merupakan bentuk sosialiasi KPU kepada masyarakat soal penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 khususnya, terkait tahapan pemungutan dan penghitungan suara, pada 27 Juni 2018 nanti,” imbuhnya.

Simulasi pemungutan dan penghitungan suara itu, sambung Kanti, dilaksanakan layaknya pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pada hari H nanti.

“Jadi, simulasi ini kita laksanakan sesuai waktu pelaksanaan hari H yakni, dimulai dari pukul 07.00-13.00 WIB. Dari proses awal para KPPS diambil sumpah sebelum bertugas, pengecekan logistik, proses pemungutan hingga, proses penghitungan suara,” jelas Kanti.

Dia berharap dengan dilaksanakannya simulasi pemungutan dan penghitungan suara,masyarakat Kota Bekasi bisa lebih mengetahui setiap tahapan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara. Terlebih,pada saat kegiatan di TPS masing-masing.

“Simulasi ini hanya dilakukan di lima kota di seluruh Jawa Barat, dan terkait pemilih dari kegiatan simulasi ini merupakan, para pemilih di TPS 55 atau warga di sekitar lokasi. Selain itu, ada juga simulasi untuk pemilih disabilitas dan pemilih yang pindah TPS,” tandas Kanti. (sar)

Lebihkan

Artikel terkait

Close