Cikarang

Cegah Teroris, Pemdes Maksimalkan Siskamling

Radarbekasi.id – Pemerintah Desa yang ada di Kabupten Bekasi akan memaksimalkan pelaksanaan Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) untuk mencegah terjadinya aksi terorisme di wilayah. Demikian hal itu disampaikan Sekjen Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bekasi, Sarja Winata.

Ia mengatakan, dengan adanya insiden teror di beberapa wilayah, pemerintah desa yang ada di Kabupaten Bekasi akan meningkatkan keamanan, Hal itu dilakukan dengan berkoordinasi ke pihak keamanan desa dan karang taruna.

“Jadi kita dari pemerintah desa akan terus melakukan siskamling serta memperketat dan mendata siapa aja yang tinggal,” katanya di Polres Metro Bekasi, Senin (14/5).

Wakapolres Metro Bekasi, AKBP Luthfie Sulistiawan, menambahkan, pihaknya meminta pemerintah di tingkat desa dan kelurahan diharapkan bisa berkoordinasi dengan bhabinsa dan ketua-ketua RW untuk memantau warga yang mengontrak.

“Untuk mengantisipasi adanya teroris, saya meminta masing-masing RT dan RW bisa mencatat para pengontrak agar dapat petakan mana siapa saja yang mengontrak. Jadi semua bisa tercatat di RT-RW,” ujarnya.

Ia menjelaskan, teroris cenderung memilih untuk mengontrak dan tinggal sementara waktu di salah satu wilayah. Rata – rata teroris, kata dia, tertutup untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar.

“Mari kita bersama-sama meningkatkan keamanan, dan kewaspadaan, misalkan ada yang mencurigakan di lingkungan masing-masing, silahkan lapor ke pihak kepolisian, jangan mengambil tindakan sendiri, karena itu berbahaya,” jelasnya.

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror menangkap seorang terduga teroris di Cikarang Selatan berinisal MI alias AB. MI alias AB diketahui tinggal di Tambun Selatan. Setelah ditangkap, rumah mertua MI juga sempat digeledah.(pra)

Lebihkan

Artikel terkait

Lihat Juga

Close
Close