Cikarang

Kelas Tanpa Kursi Meja Bertambah

Dinas PUPR Tidak Serap Anggaran

Radarbekasi.id – Ruang kelas tanpa kursi dan meja di Kabupaten Bekasi disebut bertambah. Hal itu dikarenakan anggaran pengadaan mebeler pada tahun 2017 tidak diserap Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi.

Dinas PUPR hanya melaksanakan pembangunan ruang kelas baru. Sejatinya, dinas tersebut juga melakukan pengadaan mebeler dalam setiap pembangunan ruang kelas baru (RKB). Tapi, sayangnya anggaran untuk pengadaan mebeler tidak terserap.

Kepala Bidang Data, Sarana Prasarana dan Pengendalian Mutu Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Asep Saefulloh mengatakan, persoalan gedung sekolah dan ruang kelas serta kekosongan mebeler sudah terjadi sejak tahun 2014. Saat ini, kata dia, pihaknya mulai merapikan kekosongan mebeler seperti bangku dan meja diruang kelas.

Pasalnya, kondisi sarana prasarana pendidikan merupakan salah satu dari delapan standar pendidikan di Indonesia.Sehingga perlu diperhatikan untuk memenuhi standar tersebut.

Asep menjelaskan, pada tahun 2017 lalu pihaknya sudah melaksanakan kegiatan pengadaan mebeler untuk 589 kelas dengan pagu anggaran sebesar Rp30 miliar. Rinciannya, tingkat SDN 389 ruang kelas dan tingkat SMPN 200 ruang kelas.

Untuk tahun ini, pihaknya akan membelanjakan kegiatan pengadaan mebeler untuk sekitar 600 ruang kelas dengan total anggaran Rp25 miliar. Yakni untuk tingkat SDN sekitar 400an ruang kelas, dan tingkat SMPN 200an ruang kelas.

“Pada tahun 2017 kita serap seluruhnya, dari anggaran Rp30 miliar bisa menghemat Rp9 miliar. Sehingga yang terpakai untuk mebeler melalui pembelanjaan e-catalog sebesar Rp21 miliar. Oleh sebab itu tahun ini penganggarannya hanya sebesar Rp25 miliar untuk pengadaan mebeler sekitar 600 ruang kelas yang kosong mebelernya,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Bidang Bangunan Negara pada Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Benny tidak meresepon saat dihubungi Radar Bekasi untuk diwawancara terkait dengan hal tersebut.

Diketahui bahwa, menurut data Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Dinas PUPR merupakan dinas teknis yang bertanggungjawab terkait fasilitas pendidikan.

Pasalnya, terdapat sejumlah sekolah dari 708 SDN dan 95 SMPN di Kabupaten Bekasi mengalami rusak parah, dan ratusan ruang kelas mengalami kekosongan mebeler. (and)

Lebihkan

Artikel terkait

Close