Life Style

Pelaku Usaha Pemula Terhambat Pengembangan Bisnis

Radarbekasi.id – Kalangan pelaku usaha pemula di Kota Bekasi mengungkapkan adanya sejumlah hambatan dalam proses pengembangan bisnis mereka yang perlu segera dibenahi oleh para pemangku kebijakan.

“Selama ini para pengusaha muda yang baru memulai usahanya kerap terbentur dengan tiga persoalan penting. Bila masalah itu bisa terselesaikan dengan baik, tentunya bisnis pemula ini akan berkembang pesat,”

kata Owner oleh-olehbekasi.co.id, Deny Ardini (28), saat ditemui dalam acara peresmian Ruang Asyik di Pertokoan Duta Permai Jalan Raya KH Noer Alie Kalimalang Blok C IV Nomor 19 Jakasampurna, Kota Bekasi, Senin (14/5).

Menurut Deny, pelaku usaha pemula saat ini membutuhkan akses perizinan yang cepat dan murah. Meskipun perizinan sudah dipermudah, namun pada kenyataannya untuk mengurus suatu izin usaha masih membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Terkadang sistem birokrasi perizinan di pemerintahan daerah masih berbelit yang justru mengulur waktu realisasi bisnis dan pemasaran produk di pasaran,” katanya.

Selain itu, akses permodalan usaha juga turut menghambat laju pertumbuhan bisnis usaha. Misalnya, usaha oleh-olehbekasi.co.id yang bergerak di bidang kuliner makanan tradisonal Bekasi itu.

“Jaringan pinjaman modal bagi usaha pemula ini masih sangat minimal sekali, biasanya kami upayakan dari pinjaman keluarga. Kalau untuk akses perbankan masih banyak yang ‘buta’ akan hal itu,” tukasnya. (oke)

Lebihkan

Artikel terkait

Close