BERITA UTAMA

Polisi Bekasi Siaga I

Radarbekasi.id – Kepolisian wilayah Polda Metro Jaya tak mau kecolongan dengan sejumlah peristiwa ledakan yang terjadi di Surabaya sejak Minggu (13/5) hingga Senin (15/5). Penjagaan di Polres Metro Bekasi Kota dan Kabupaten pun diperketat seiring penetapan status Siaga I yang diterapkan Polda Metro Jaya.

Pantauan Radar Bekasi di Polres Metro Bekasi, petugas dan masyarakat tidak bisa sembarangan memasuki markas korps Bhayangkara itu. Mereka harus mengikuti pos penjagaan di pintu masuk menuju mapolres. Sejumlah aparat bersenjata laras panjang pun berjaga-jaga di pintu gerbang mapolres.

Pagar yang pada hari normal dibuka, kini ditutup. Tamu yang datang akan diperiksa terlebih dahulu. Setelah diperiksa dan tidak ditemukan barang-barang yang berbahaya, tamu yang datang baru diperkenankan untuk datang.

Kabag Operasional Polrestro Bekasi AKBP Nurdi Satria Aji, mengatakan, pengunjung yang membawa kendaraan akan diarahkan untuk memarkir di luar pagar Mapolrestro Bekasi. ’’Melihat situasi dan kondisi saat ini sangat mencekam, maka penjagaan diperketat dua kali lipat,” katanya.

Hal serupa juga terjadi di Mapolres Metro Bekasi Kota. Penjagaan di pintu masuk dipertebal dan diperketat. Sejumlah petugas yang menggunakan rompi, masker dan bersenjata lengkap berjaga di depan rumah.

Hanya ada satu akses yang dibuka di bagian depan Polres Metro Bekasi Kota. Semua tamu diperiksa. Mulai dari yang hendak datang untuk sekadar membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan keperluan lainnya.

Selain penjagaan dilakukan aparat bersenjata laras panjang, pihak polres juga memasang barier pembatas jalan yang diletakkan 10 meter sebelum pintu gerbang Polres Metro Bekasi Kota. Tamu yang berjalan kaki akan diperiksa sebelum barier.

Tamu yang menggunakan jaket akan diminta untuk melepaskannya. Untuk yang membawa tas, maka akan diminta untuk dibuka. Lalu sejumlah petugas akan melihat untuk memastikan tidak ada benda-benda berbahaya. Demikian juga tubuh mereka akan digeledah. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya aksi terorisme.

Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kota, Komisaris Erna Ruswing Andari mengatakan, pihaknya melakukan siaga satu untuk antisipasi aksi terorisme. ’’Anggota yang kami siapkan itu sebanyak 12 orang dan dua orang polwan (polisi wanita). Kalau hari normal delapan orang yang melakukan penjagaan,” ujarnya.

Pihaknya juga melakukan pengawasan di titik-titik keramaian. Mulai dari rumah-rumah ibadah dan pertokoan yang ada di Kota Bekasi. Ada sebanyak 50 orang personil yang diterjunkan. “Sementara di masing-masing Polsek kita juga sudah mempersiapkan anggota Polsek itu sendiri,” tambahnya.

Ia menghimbau supaya masyarakat berperan aktif dalam mencegah terjadinya aksi teror di lingkungan. “Apabila di tempat tinggal kita ada yang mencurigakan seperti ada seseorang yang semacam menimbulkan sara kalau bisa tolong dilaporkan ke pihak kepolisian terdekat,” tutupnya. (pra/neo)

Lebihkan

Artikel terkait

Close
%d bloggers like this: