Metropolis

Tips Dinkes Jaga Kesehatan Saat Puasa

Radarbekasi.id – Plt Dinas Kesehatan Kota Bekasi , dr.Tanti Rohilawati memberikan pemahaman akan pentingnya menjaga kesehatan di bulan puasa.

Perubahan aktivitas, tidur serta pola makan kerap dijumpai selama Ramadan. Pentingnya kesadaran akan kesehatan menjadi hal yang perlu diperhatikan setiap warga.

Tanti menjelaskan, jika dilakukan dengan benar, puasa Ramadan justru akan mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan.

Lanjut Tanti, cara yang paling penting untuk menjaga tubuh tetap bugar pada bulan puasa yaitu dengan menerapkan pola makan yang baik pada saat sahur maupun berbuka.

”Jika kita menjalani pola makan yang sehat, maka tubuh akan tetap bugar meskipun sedang puasa,”terangnya.

Untuk menjaga agar daya tahan tubuh serta kesehatan tetap terjaga Dinas Kesehatan coba memberikan tips untuk warga muslim yang menjalankan ibadah wajib puasa.

Pertama sangat penting untuk memilih menu makanan sahur dan buka puasa yang menyehatkan. Buatlah daftar menu untuk mempermudah ketika akan menentukan apa yang akan dikonsumsi saat buka puasa maupun makan sahur.

Yang jelas kata dia harus memasukkan jenis-jenis makanan yang bergizi tinggi pada menu makanan saat puasa. Jangan pernah mengonsumsi junkfood baik ketika berbuka maupun sahur.

Banyak minum es ketika berbuka juga turut memengaruhi kesehatan. Meskipun minuman dingin sangat nikmat untuk disantap ketika berbuka, namun es dapat membuat sistem pencernaan dan sirkulasi darah bekerja semakin lambat. ”Karena itu banyak orang yang merasa pusing setelah minum es, terlebih setelah perut kosong selama seharian,”tambahnya

Kedua kata dia, minum air putih yang cukup agar tubuh tetap bugar. Saat berpuasa, tubuh akan banyak kehilangan cairan dan akan mengalami dehidrasi. ”Karena itu, selama waktu berbuka sampai sahur kita harus banyak minum air putih agar kebutuhan cairan bisa tergantikan,”jelasnya

Selain itu hindari mengonsumsi minuman energi, lebih baik minum air kelapa yang alami untuk mengembalikan stamina tubuh. Air kelapa memiliki banyak khasiat untuk kesehatan sehingga sangat baik diminum saat berbuka.

Ketiga pastikan asupan sayur dan buah. Selama puasa tubuh perlu asupan vitamin. Vitamin yang baik bagi tubuh bisa didapat dengan mengonsumsi buah dan sayur saat buka maupun sahur. ”Makan buah dan sayur akan memberikan banyak energi selama berpuasa,”paparnya

Dirinya juga menegaskan tidak diperbolehkan tidur setelah makan sahur karena akan memperlambat metabolisme. Selain itu, hindari juga minum soda dan kopi terlalu banyak karena bisa memperburuk kesehatan.

Keempat perlu tidur yang cukup. Selama bulan Ramadan mungkin akan mengalami kurang tidur. Sebab banyak aktivitas yang dilakukan pada malah hari seperti harus bangun untuk makan sahur.

Karena itu aturlah waktu tidur sebaik mungkin. Jika sempat, usahakan untuk tidur pada siang hari agar tubuh lebih segar.

Kelima tetap berolahraga. Ketika menjalani puasa olahraga dianjurkan untuk tetap dilakukan. Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sekaligus akan membuat tubuh bugar selama berpuasa. Olahraga bisa memperlancar peredaran darah, melancarkan sirkulasi oksigen dalam tubuh dan melancarkan metabolisme. Dengan menjalani olahraga saat puasa, maka tubuh akan tetap sehat dan bugar.

”Cara menjaga kesehatan saat puasa di bulan Ramadan ini semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Dengan menjalani puasa sehat, maka ibadah yang kita jalani juga akan terasa menyenangkan,”tandasnya. (adv/pay)

Related Articles

Back to top button