Berita Utama

Jam Kerja ASN Dipangkas

Radarbekasi.id – Jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Bekasi dipangkas selama bulan Ramadan 1439 Hijriah. Hal itu disampaikan Penjabat Wali Kota Bekasi, Ruddy R. Gandakusumah.

Ruddy menjelaskan pengurangan jam kerja tersebut menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Nomor 336 tahun 2018.

Kata Ruddy, jam kerja ASN yang bekerja di perangkat daerah yang memberlakukan lima dan enam hari kerja dikurangi.

Untuk diketahui, perangkat daerah yang memberlakukan lima hari kerja yaitu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti dinas dan badan. Sementara, yang memberlakukan enam hari kerja ialah sekolah, puskesmas dan rumah sakit umum daerah.

Sebelum memasuki bulan ramadan, ASN mulai bekerja pada Pukul 7.30 dan pulang 16.00. Dari Pukul 12.30 sampai 13.00 mereka mendapatkan jam istirahat.
Untuk perangkat daerah yang memberlakukan lima hari kerja, pada hari Senin sampai Kamis jam kerjanya dimulai normal namun pulang lebih awal pada pukul 14.30 WIB. Jam istirahat mereka juga dimajukan menjadi Pukul 12.00 -1 2.30 WIB.

Sementara itu, pada hari Jumat, mereka pulang lebih sore pada Pukul 15.00. Alasannya, waktu istirahat lebih panjang yaitu dari pukul 11.30 sampai 12.30.
Sementara itu, perangkat daerah yang memberlakukan enam hari kerja, jam kerjanya adalah pukul 07.30 sampai 13.30 pada hari Senin sampai Kamis, dan Sabtu. Khusus hari Jumat, waktu istirahat lebih panjang dari Pukul 11.30 sampai 12.30 WIB.

Ruddy menekankan supaya seluruh ASN tetap maksimal dalam memberikan pelayanan kepada warga Kota Bekasi. “Bulan Ramadan dan menjalankan puasa jangan dijadikan alasan untuk mengurangi pelayanan kepada masyarakat. Bahkan justru harus dijadikan ladang amal dan ibadah,” ujarnya. (neo)

Related Articles

Back to top button