Pendidikan

Kuasai Biologi lewat Youtube

Mewakili Kota Bekasi di Tingkat Nasional

Radarbekasi.id – Belajar bisa dilakukan dimana saja dengan banyak media. Seperti halnya yang dilakukan oleh Muhammad Rifqi Muchdyat, l dari kegemarannya melihat video di Youtube, dia menjadi satu diantara 86 siswa yang akan bertanding di Olimpiade Sains Nasional (OSN) pada bidang studi Biologi tingkat nasional di Kota Padang Juli mendatang.

Siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA) Cinderamata Bekasi ini mengaku, lebih senang belajar melalui video dibanding kan membaca buku meski ia tidak menampik pentingnya ilmu pengetahuan yang digali melalui buku.

Kegemarannya pada bidang studi Biologi diakuinya muncul sejak ia menempuh pendidikan di tingkat menengah pertama (SMP). Anak kedua dari pasangan Iwan Widjaya dan Indriana tersebut telah mengukir prestasinya sejak duduk dikelas 10 SMA, dimana dirinya menyabet medali perak di OSN tingkat nasional tahun 2017 lalu di Pekan Baru Provinsi Riau.

Sebagai anak bungsu, dirinya mengaku mendapat dukungan besar dari keluarga untuk terus berjuang dan berprestasi sesuai dengan minat dan kemauan. Namun sayang Rifqi hanya mendapat dukungan moril dari keluarganya, pasalnya sang ayah Iwan Widjaya yang dahulu menjadi karyawan pada salah satu perusahaan swasta terkena dampak Pemberhentian Hhubungan Kerja (PHK), sehingga saat ini memaksa sang ibu untuk bekerja menjadi guru les untuk siswa Sekolah Dasar.

Ayah Rifqi kini hanya bekerja jika ada yang membutuhkan keahliannya saja, untuk biaya pendidikannya Rifqi mendapat pembebasan biaya sekolah di SMA Cinderamata Bekasi karena prestasi yang sudah ditorehkannya.

“Orang tua sangat mensupport, terutama support moril. Kalau untuk biaya semua dari sekolah. OSN ini sangat membantu terutama untuk orang tua “ ujar siswa kelahiran Jakarta 17 September 2001 tersebut kepada radar Bekasi.

Kepala sekolah SMA Cinderamata Bekasi Ross Gayatri mengatakan, Rifqi merupakan dua bersaudara dengan kakaknya yang juga menempuh pendidikan di SMAN Cinderamata Bekasi. Menurut Ross Gayatri, kedua bersaudara tersebut sama-sama berprestasi dan pandai.

Saat ini kakak dari Rifqi yakni Muhammad Syaiful Islam sedang mengikuti Pelatnas untuk menghadapi kejuaraan OSN tingkat Iinternasional bidang studi Kimia setelah menyabet medali emas di Pekan Baru Riau tahun lalu.

“ Saat ini Rifqi sedang focus untuk mempersiapkan diri di OSN nanti, kita sekolah sangat mensupport dia dan saat ini sedang menyiapkan diri melalui bimbel yang dibiayai oleh sekolah “ ujar Ross Gayatri kepada radar Bekasi.

Berkat prestasi Rifqi beserta kakanya, sekolah menggeratiskan seluruh biaya sekolah nya hingga lulus dari SMA Cinderamata Bekasi. Sekedar diketahui bahwa sang kakak Muhammad Syaiful Islam memperoleh nilai sempurna dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mata pelajaran Kimia.

Tahun ini merupakan kali ke tiga SMA Cinderamata Bekasi ikut serta dalam OSN tingkat nasional setalah dua tahun lalu yakni tahun 2016 dan 2017.(cr38)

Lebihkan

Artikel terkait

Close