Pendidikan

Pertama Ramadan, Santri Libur

Radarbekasi.id – Lingkungan pondok pesantren (Ponpes) Annida Al Islamy Bekasi nampak sepi, tidak terlihat lalu lalang santri laki-laki maupun perempuan di ponpes yang beralamat di jalan Ir H Juanda Bekasi Timur ini.

Ya, Ponpes tersebut sengaja meliburkan santrinya pada hari pertama Ramadan. Santri di berikan kebebasan untuk berkumpul bersama keluarganya di hari pertama bulan suci Ramadan,”Santri sedang diliburkan mas,”kata salah seorang pengurus Ponpes Annida Al Islamy, Rizki Mawardi.

Santri yang mayoritas berasal dari sekitar Bekasi dan Jakarta tersebut dipersilahkan untuk pulang kerumah menyambut kedatangan bulan suci Ramadan bersama keluarga hingga 5 hari kedepan. Minggu depan, santri sudah aktif kembali belajar.

“Kebetulan pondok sedang libur sampai hari minggu, karena menyambut bulan Ramadan jadi santri dipersilahkan untuk pulang berkumpul dengan keluarga nanti minggu meeka balik lagi “ Ucap Rizqi kepada Radar Bekasi.

Kegiatan dibulan suci Ramadan mendatang , kata Rizki tidak akan jauh berbeda dengan kegiatan hari-hari biasa yakni diisi dengan pengajian kitab dan mengaji Alquran. “ Hanya kitabnya saja yang berbeda.Waktunya juga lebih sedikit karena bulan Ramadan, kalau hari biasa kita ngaji setiap selesai shalat wajib sedangkan kalau bulan Ramadan kita ngaji dari ashar sampai jam setengah enam dan selesai shalat tarawih, “ untkap santri yang sedang mengenyam pendidikan tinggi tersebut.

Santri yang menempuh pendidikan di Ponpes Annida Al Islamy adalah santri yang sedang mengenyam pendidikan Tsanawiyah (MTS), Aliyah (MA) dan kuliah. Rizqi sebagai santri yang sudah enam tahun berada di Ponpes mengaku, terdapat perbedaan iklim santri dari tahun ketahun.

Menurutnya, jika dahulu orang tua menitipkan anaknya ke Ponpes hanya untuk belajar ilmu agama, namun dewasa ini orang tua menitipkan anaknya di Ponpes karena melihat anaknya yang bandel dan susah diatur. (cr38)

Close