Milenial

Lanjut Kuliah atau Kerja.??

Radarbekasi.id – Assalamualaikum sobat zetizen, bagaimana kabar kalian ? Semoga selalu sehat dan bahagia terus yaa … Aminn..

Oya, zetizen mau ngucapin nih, selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan.. semoga lancar ibadah Ramadannya, dan puasanya tidak bolong-bolong..hehe..

Bagi kalian mahasiswa yang beru saja menyelesaikan sidang skripsi, selamat yaaa..akhirnya perjuangan kalian untuk mendapatkan gelar tercapai juga.

Berbicara tentang Fresh Graduate kira – kira apa rencana kalian untuk kedepannya ? Ada yang mungkin mau lanjut kuliah atau mau mencoba mencari pengalaman kerja ? Hmm.. kayaknya seru juga ya membahas topik ini, yuk kita bahas lebih dalam lagi …

Yaa benar sekali, hal yang membuat para lulusan baru atau Fresh Graduate bingung yakni antara lanjut kuliah untuk jenjang yang lebih tinggi atau langsung kerja. Karena masing masing mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri, dan hal inilah yang membuat para lulusan baru menjadi bingung.

Bagaimana sobat zetizen, apa ada diantara kalian yang sedang mengalami ini ? untuk membantu sobat zetizen semua, bagaimana kalau kita cari tau lagi kelebihan dan kekurangan dari lanjut kuliah atau pilih pengalaman kerja ? Ayo kita simak bersama ..

Pertama, lanjut kuliah ke jenjang lebih tinggi. Pasti ada keinginan dalam diri sobat dong untuk lanjut kuliah ke jenjang yang lebih tinggi, dan pastinya untuk memperdalam lagi ilmu yang didapat. Seperti kata pepatah “Tuntutlah Ilmu sampai ke Negeri Cina” yang berarti kita diminta untuk menuntut ilmu sebanyak mungkin dan kalau bisa hingga ke luar negeri. Bagi kalian yang punya keinginan ini, tentu hal ini merupakan hal baik. Karena dengan kita lanjut kuliah ke jenjang yang lebih tinggi kita diharapkan bisa terus memperluas ilmu yang kita miliki dan juga kita bisa menyiapkan mental kita untuk siap masuk ke dunia kerja.

Untuk kalian yang masih berpikir belum siap untuk terjun ke dunia kerja, kalian bisa melakukan ini nih. Sembari menyiapkan mental kita bisa memanfaatkan waktu kita dengan terus memperdalam pengetahuan agar waktu kita tidak tebuang sia – sia. Tetapi, di satu sisi untuk sobat yang memilih pilihan ini harus mepertimbangkan lagi nih kondisi keuangannya karena untuk melanjutkan kuliah juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tapi ini bisa disiasati loh yakni dengan mencari beasiswa. Kemudian, sobat juga harus kerja ekstra lagi nih karena kemungkinan tugas yang diberikan cukup berat dibanding tugas yang diberikan di jenjang sebelumnya.

Kedua, mencari pengalaman kerja. Bagi kalian yang menginginkan untuk bisa belajar hidup mandiri ini merupakan pilihan yang cocok. Mungkin saat mencari pekerjaan ada beberapa perusahaan yang menanyakan tentang pengalaman kerja sebelumnya, untuk kalian para lulusan baru jangan khawatir jika belum memiliki pengalaman kalian bisa mengikuti training atau seminar tentang pekerjaan kalian yang ingin diambil atau kalian juga bisa dengan meyakinkan perusahaan tersebut kalau kalian memiliki keinginan yang kuat dalam bekerja dan siap dilatih untuk bekerja karena perusahaan akan mempertimbangkan hal itu kembali. Dan mungkin kelak ketika kalian memilih untuk bekerja kalian bisa melatih kemandirian kalian, dan juga bisa membantu kebutuhan finansial orang tua kalian dengan gaji kalian sendiri. Tetapi diingat yaa, jika sobat sudah mendapat gaji jangan lupa dikelola dengan baik gaji tersebut kelak untuk kebutuhan kalian di masa mendatang, jangan sampai dihamburkan untuk hal yang tidak bermanfaat yaa.

Naah … sobat sudah tau kan kelebihan dan kekurangan dari lanjut kuliah atau memilih bekerja, semoga sobat tidak lagi bingung ya untuk memilih antara kedua hal tersebut. Oh iya, apapun yang sobat pilih, jangan lupa pilih sesuai hati nurani dan pilihan kalian yaa, karena yang akan menjalankan semuanya kan sobat zetizen sendiri. Jangan sampai keputusan yang kalian pilih membuat kalian merasa tidak nyaman. Pilihlah sesuatu sesuai kebutuhan dan hati nurani kita bukan memilih hanya karena keinginan dan ambisi kita saja.
Tetap semangaatt semuaa … Semoga sukses … (Azizah/Pena Muda)

Related Articles

Back to top button