Cikarang

Dinas PUPR Perbaiki Jalur Mudik

Radarbekasi.id – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi bakal melakukan perbaikan jalur mudik. Perbaikan tersebut dilakukan dari Jalan Raya Tambun hingga Kedungwaringin dan Jalur Inspeksi Kalimalang dari Jatimulya hingga perbatasan Karawang. Direncanakan bisa rampung H-10 hari raya Idul Fitri.

Untuk mempercepat pekerjaan akses jalur mudik, PUPR bekerjasama dengan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Jamalludin mengatakan, untuk saat ini pihaknya sudah berkomunikasi dari tingkat Pemerintah Kabupaten yang tergabung dalam koordinasi lalu lintas.

“Persiapan akses mudik ini bukan hanya tugas PUPR, melainkan beberapada instansi terlibat. Salah satunya polisi lalu lintas, Dinas Perhubungan, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP),”ujarnya.

Jamal mengatakan, pihaknya juga berkordinasi dengan unsur petugas yang mengatur lalu lintas di jalur mudik.

“Perbaikan jalur mudik ini tidak ada kegiatan yang besar, melainkan hanya tambal sulam. Dan untuk mengetahui titiknya nanti ada tim gabungan, serta fokus kita hanyalah bagaimana supaya akses yang dilalui para pemudik yang didominasi dengan pengendara roda dua bisa lebih aman serta mengurangi adanya kecelakaan lalu lintas,”tuturnya.

Dirinya juga berkordinasi dengan Kemetrian PUPR untuk perbaikan jalur mudik dari Jalan Raya Tambun hingga Kedungwaringin. Dari hasil komunikasi dengan Kementrian PUPR, anggaran yang akan dikucurkan untuk perbaikan serta pelebaran jalur kalimalang ialah sebesar Rp37 Milyar.

“Jadi kalau jalan Inspeksi itu memang merupakan kewenangan Pemkab Bekasi, namun demikian untuk mempercepat program infrastruktur, Kemen PUPR memberi bantuan sebesar Rp37miliar untuk pelebaran sepanjang 4 kilometer. Tapi kalau jalan Tambun-Kedungwaringin saat ini hanya tambal sulam yang langsung dikerjakan Kemen PUPR untuk akses jalur mudik,” tuturnya .(and/adv)

Related Articles

Back to top button