Cikarang

Tersangka OTT Tak Ditahan, Ini Alasannya

Radarbekasi.id – Dua tersangka Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Tim Saber Pungli di lingkungan kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi, ternyata tidak menjalani penahanan. Apa alasannya?
Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi AKBP Rizal Marito membenarkan pihaknya tidak melakukan penahanan terhadap para tersangka OTT itu.

Rizal berdalih, tidak dilakukan penahanan karena sejumlah alasan. Diantaranya tidak adanya kekhawatiran dari penyidik jika tersangka kabur, menghilangkan barang bukti, hingga mengulangi tidak pidananya.

“Ini memang alasan subjektif penyidik. Tapi ini diatur dalam pasal 21 ayat 4 KUHAP. Penahanan bisa dilakukan terhadap tersangka maupun terdakwa yang melakukan pidana dengan ancaman penjara lima tahun atau lebih,’’ ungkap Rizal, kemarin.

Meski begitu, imbuh Rizal, jika memang sudah ada perintah penahanan atas tersangka tersebut, tersangka dapat meminta penangguhan penahanan.

Rizal mengungkapkan peristiwa penangkapan OTT di lingkungan BPN Kabupaten Bekasi mendapat perhatian Kementerian ATR yang langsung mengirimkan surat ke Polrestro Bekasi Kabupaten. Kementerian ATR meminta BPN segera menertibkan administrasi dan praktik pungli.

Rizal menegaskan, proses hukum masih tetap berjalan, dan setiap lembaga sudah melakukan kordinasi. “Saksi yang sudah kita periksa lima saksi dari pegawai BPN,” tegasnya. (pra)

Related Articles

Back to top button