Metropolis

Usulkan Perkampungan Iklim di Bantargebang

Radarbekasi.id – Ketua Koalisi Persampahan Nasional yang juga aktivis Wahana Lingkungan Hidup Jakarta, Bagong Suyoto mendorong untuk adanya perkampungan iklim di sekitar wilayah TPST Bantargebang. Hal itu menyusul ground breaking Pengolahan Sampah Proses Thermal.

Bagong mengatakan, jika proyek pembangunan pengolahan sampah secara thermal itu sudah selesai, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Dalam pengolahan sampah proses thermal itu juga akan menghasilkan energi listrik sehingga akan ada Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

Sehingga, ujar dia, energi yang diperoleh dari PLTSa dapat bermanfaat bagi masyarakat yang ada di sekitar lokasi tersebut.

“Misalnya gas masak, listrik. Jadi bukan hanya bonus uang bau saja. Kita meminta juga pengeola TPA, Pemprov DKI untuk membentuk perkampungan iklim sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar,” katanya, Rabu (21/3).

Warga RT 01/04, Kelurahan Ciketing Udik, Saropah (35) menyatakan, selama ini dirinya menggunakan token listrik. Dia sangat senang jika pembangunan pengolahan limbah secara thermal juga bisa bermanfaat bagi warga sekitar.

“Pengen banget biar agak ringan, belum seminggu bisa sampai Rp50 sampai Rp60 ribu. Kalau ada gratis kan buat jajan anak – anak, kalau ada terbantu ini pak,” ujar perempuan yang berprofesi sebagai pemulung itu.

Senada, tetangga Saropah, Ida juga menginginkan hal itu. “Ya mau kalau gratis buat, ngebantu itu,” harapnya.(neo)

Related Articles

Back to top button