Pendidikan

Belajar Tanpa Batas di Indonesia

Oleh: Munirotul Badriah , Guru SD Al Muslim, Anggota KGPBR

Radarbekasi.id – Belajar merupakan kewajiban bagi semua manusia, baik laki-laki maupun perempuan. Belajar dapat merubah manusia dari tidak tahu menjadi tahu, dari belum benar menjadi benar, dari buruk menjadi baik, dan lain sebagainya. Rasulullah SAW pun ketika mendapat wahyu pertama dari Allah SWT adalah perintah membaca. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surah Al-‘Alaq ayat 1: “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” Hal ini menjelaskan bahwa belajar sangat penting bagi perubahan diri manusia ke arah yang lebih baik.

Belajar tidak hanya didapat di lembaga pendidikan formal seperti sekolah dan kampus, maupun informal seperti bimbel dan kajian-kajian. Akan tetapi, seiring dengan kemajuan teknologi, kita dapat belajar tanpa batas melalui media elektronik yang saat ini tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah IndonesiaX.

Apa itu IndonesiaX? IndonesiaX adalah platform online pendidikan yang menawarkan kursus-kursus online dari universitas, institusi, dan praktisi di berbagai bidang untuk mencerdaskan bangsa. IndonesiaX berdiri sejak tahun 2015 dengan ketua dewan penasehat Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA., dan wakil ketua dewan Prof. Rhenald Kasali, Ph.D

Hal yang membuat saya tertarik dengan IndonesiaX adalah kita bisa belajar tanpa batas, artinya kita dapat memilih materi kursus sesuai kebutuhan. Lebih menariknya lagi materi diberikan oleh orang-orang profesional di bidangnya, contohnya bapak Ito Warsito sebagai direktur utama Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2015 yang memberikan materi tentang “Pasar Modal atau Stock Exchange.” Contoh lain yaitu bapak Prof. Budi Setiabudiawan, beliau menjabat sebagai direktur kerja sama dan korporasi akademik universitas Padjajaran, yang memberikan materi tentang “Kesehatan Anak; alergi, pencegahan dan mitigasinya.”

Berikutnya adalah Prof. Rhenald Kasali, Ph.D, sebagai pendiri rumah perubahan dan guru besar fakultas ekonomi universitas Indonesia, yang menyampaikan materi “Self Driving; are you driver or a passenger.” Hal ini menunjukkan bahwa bahan-bahan kursus adalah kualitas terbaik.

Selain itu belajar di IndonesiaX dapat diakses dimana saja dan kapan saja secara gratis; semua materi kursus diakses di website IndonesiaX. Para peserta kursus berkesempatan memiliki e-sertifikat jika lulus tes online dan ujian. Bagian ini yang menjadikan IndonesiaX lebih istimewa di mata saya, karena peserta berhak mendapat sertifikat sebagai tanda keberhasilannya dalam mengikuti materi kursus.

Belajar biasa dilakukan 4-5 pekan, dengan tahapan-tahapan materi yang disediakan. Di akhir materi aka ada tes untuk menguji sejauh mana pemahaman peserta kursus. Hasil tes dapat dilihat pada progress perpekan melalui grafik. Hal ini bagus untuk memacu semangat para peserta kursus. Jika di awal pekan mendapat nilai kurang bagus maka akan terpacu untuk memperbaiki di pekan berikutnya. Begitu pun selanjutnya sampai materi akhir dalam pekan kelima.

Tidak hanya mendapat ilmu di IndonesiaX, kita pun bisa berkenalan dan berdiskusi mengenai materi yang sedang dipelajari dengan peserta kursus lainnya yang berasal dari berbagai kota di Indonesia, bahkan dari manca negara. Respon yang cepat dan baik pun akan kita dapat dari staf IndonesiaX jika ada tanggapan mengenai materi kursus. Hal ini membuat para peserta kursus merasa nyaman dan dihargai dalam menjalani proses belajar.

Kita bisa mendapatkan modul kursus hanya dengan melakukan print out. Hal ini biasanya dilakukan oleh peserta kursus yang ingin lebih mendalami materi. IndoesiaX juga menginformasikan buku-buku yang bisa dijadikan referensi dari materi yang sedang dipelajari, bertujuan untuk memperluas wawasan peserta kursus.

Peserta kursus dapat mengambil dua atau lebih materi kursus sekaligus, tidak ada batasan dalam hal ini. Karena setiap materi ada waktu yang telah ditentukan. Peserta kursus adalah dari semua kalangan, baik anak sekolah, mahasiswa, masyarakat umum. Tidak ada aturan mengenai peserta. Hanya syarat kemauan saja untuk mengikuti kursus. Hal ini lah yang membuat saya mengatakan bahwa belajar tanpa batas di IndonesiaX; tidak dibatasi usia, materi kursus peserta yang memilih, waktu dan tempat tergantung peserta kursus menjalaninya. Gratis dan mendapat sertifikat. Tidak ada hal yang merugikan jika ikut belajar di IndonesiaX. Segudang ilmu dan pengalaman yang akan kita dapat.

IndonesiaX kerap kali diinformasikan oleh dosen kepada mahasiswa-mahasiswanya, untuk membuka wawasan tenang dunia pendidikan, bahwa mengakses ilmu itu mudah. Tidak perlu biaya yang terkadang menjadi penghalang untuk belajar.

IndonesiaX akan menjadi solusi yang sangat menarik bagi orang-orang yang haus ilmu, mau belajar dan berubah. Karena manusia hidup perlu perubahan ke arah yang positif. Jika kita tidak berubah, maka kita akan tergilas dengan perubahan zaman. Website: IndonesiaX.co.id. Para pembaca yang budiman, selamat mencoba dan rasakan manfaatnya.(*)

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button