Pendidikan

Cerita Salsabilah, Peserta International Mathematics Wizard Challenge 2018

Pertama Kali, Bersaing dengan 600 Peserta dari Tiga Negara

Radarbekasi.id – Haru campur bangga dirasakan oleh Salsabila. Siswa kelas VIII SMPN 12 Kota Bekasi ini berhasil menyingkirkan ratusan peserta dalam lomba International Mathematics Wizard Challenge 2018.

Meskipun dalam kejuaraan tersebut dia hanya mampu mendapat juara tiga, namun dia merasa bangga. Pasalnya, kejuaraan tingkat internasional ini baru pertama kali diikuti.

Dalam kejuaraan tersebut, tidak sendiri mewakili Indonesia, melainkan ada beberapa siswa yang berasal dari daerah Bogor, Jakarta dan Bali. “Perasaan saya sangat senang sekali, ini baru pertama kali, “ ungkap Salsabillah.

Untuk bertarung dengan ke enam ratus peserta tersebut, Salsabilah mempersiapkan diri selama lima hari dan dilatih oleh beberapa guru yang berasal dari sekolah maupun luar sekolahnya. Siswi yang bercita-cita untuk menjadi dokter ini mengatakan bahwa dirinya sempat grogi ketika awal mengikuti lomba.

Salsabilah mengaku, mendapat tawaran untuk mengikuti lomba mathematics International di Singapur Juli mendatang. Namun anak pertama dari dua bersaudara tersebut mengaku masih berpikir meskipun ia memiliki kemauan keras untuk ikut dalam lomba tersebut.

Guru matematika SMPN 12 Kota Bekasi yang sekaligus bertindak sebagai pembimbing Salsabilah, Yani Suryani mengakui bahwa Salsabilah merupakan siswi yang aktif dan berani dalam kegiatan belajar mengajar dikelas.

“ kalau untuk pelajaran matematika anak itu bakat, karena saya sudah mengajar seama 24 tahun baik kelas VII, VIII, IXkalau anak berbakat itu berbeda dengan anak yang hanya pinter karena dijejali. Dan ini termasuk anak yang menonjol “ ujar Yani Suryani.

Kepala sekolah SMPN 12 Kota Bekasi, Sungkawati mengatakan, tahun ini pertaam kali sekolahnya meraih prestasi dibidang akademik. Karena, selama ini sekolah tersebut kerap meraih prestasi di luar akademik.“Karena untuk prestasi non akademik sudah banyak piala yang kami dapatkan “ ujar sungkawati.

Dalam kejuaraan International Mathematics Wizard Challenge 2018 tersebut peserta terdiri dari tiga negara yakni Indonesia, Thailand dan Philipina. Dari ketiga negara tersebut total peserta lomba mencapai enam ratus siswa. (cr38)

Lebihkan

Artikel terkait

Close