Metropolis

Siaran Sahur Ala Kampung Bulu

Radarbekasi.id – Ikatan Remaja Masjid Al Ijtihad di Kampung Bulu, Desa Setia Mekar, Tambun Selatan, punya cara unik ramaikan sahur yang berbeda dari tempat lain.Mereka meniru format siaran radio. Dua remaja yang berperan laiknya radio jockey berbincang satu sama lain.

Para warga dapat juga dapat mengirim salam kepada tetangga dengan cara mengirim pesan singkat atau melalui sambungan telepon. Nanti salam akan dibaca pembawa acara.

Selain itu pendengar juga dapat me-request lagu. Lagu request-an akan diputar di ponsel penyiar Kemudian ia mendekatkan mikrofon ke pelantang sehingga dapat terdengar warga.

Salah seorang remaja Masjid Al Ijtihad Abdul Kholil mengatakan, ia beserta teman-teman juga memberi hadiah kepada warga apabila dapat menjawab pertanyaan dengan benar.“Ada uang sampai handphone. Hadiah itu dari donatur yang memang ingin meramaikan bulan suci Ramadhan,” katanya.

Lanjut Abdul Kholil, tradisi itu sudah berlangsung selama bertahun-tahun. Warga sekitar pun sudah terbiasa dengan itu dan menjadi penggemar setia.

Sebelum memulai siaran sahur, para anak-anak dan remaja berkeliling kampung untuk membangunkan sahur dengan cara yang terbilang jamak: memukul beduk yang diarah sembari berteriak “sahur!” berulang kali. (see/pojokbekasi)

Close