Olahraga

Venue Renang Wibawamukti Terbengkalai

Hampir Empat Tahun Dibiarkan

Radarbekasi.id – Venue renang yang berada di komplek Wibawamukti, Kecamatan Cikarang Timur kondisinya memprihatinkan.

Venue representatif milik Kabupaten Bekasi ini hanya dipergunakan saat perhelatan Pekan Olahraga Daerah (Porda) XII 2014, empat tahun silam, saat Kabupaten Bekasi menjadi tuan rumah Porda.

Pasca hajat olahraga empa tahunan tersebut, venue dibiarkan terbengkalai. Pantauan Radar Bekasi yang menyambangi langsung venue Selasa (22/5), gerbang venue dalam keadaan terkunci dan terlihat sepi tanpa ada penjagaan.

Namun tidak lama berselang, saat Radar Bekasi coba mengabadikan kondisi venue, beberapa orang menghampiri dan coba mengintimidasi. Dengan suara menantang, mereka melarang mengambil gambar venue yang tengah menjadi sorotan tersebut.

Namun Radar Bekasi sempat mengabadikan dan memantau venue dari pagar luar. Kondisi tribun barat dan timur yang digunakan untuk pemanasan atlet dan area penonton sudah terlihat kumuh dan usang. Lapisan cat terlihat pudar dan mengelupas.

Sementara di area kolam, lumut dan warna air yang menghitam serta berbau menambah kesan kumuh. Rumput liar juga menghiasi sekitar venue yang dibangun sejak 2009 berbarengan dengan Stadion Wibawamukti.

Kondisi itu sempat disesalkan pengurus Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kabupaten Bekasi yang merasa keberadaan venue tidak bisa menunjang kebutuhan atlet. Ironinya, selama ini para atlet harus berlatih dengan kolam sewaan milik swasta.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang (Kabid) Olahraga, Dinas Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi, Asan Ashari, mengakui vanue renang tidak berfungsi dan tidak digunakan pasca porda 2014 lalu.

“Pembangunannya, sama dengan stadion wibawamukti 2009. Selama berdiri, hanya digunakan untuk event porda. PON (Pekan Olahraga Nasional) gak dipake, event terbesar hanya itu saja Porda,” ujar Asan saat dikonfirmasi.

Hasan menjanjikan kolam akan di benahi mengingat persiapan Porda 2018. Kata dia, selain air, fasilitas lainnya juga akan bisa digunakan di tahun 2018.

“Akan di rapikan dan akan ada perbaikan. Tentunya bisa digunakan untuk persiapan Porda,” janjinya

Dilain tempat, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bekasi, Romli, sejauh ini juga menyoal kondisi kolam renang yang tidak bisa digunakan atlet Kabupaten Bekasi. Padahal kata dia, fasilitas yang ada jika digunakan dapat mengembangkan potensi atlet daerah.

“Gak tau juga tuh gimana, kondisinya masih rusak, belum bisa digunakan, padahal bisa juga buat persiapan porda,” singkat Romli yang sejauh ini mempertanyakan kondisi venue. (dan)

Related Articles

Back to top button