Metropolis

KPU Sortir Surat Suara

Radarbekasi.id – KPU Kota Bekasi mulai melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara Pilwalkot Bekasi pada Rabu (23/5). KPU merekrut masyarakat sekitar untuk menjadi relawan melipat surat suara.

“Iya hari ini (kemarin) kita mulai melakukan pelipatan surat suara, ada 100 warga yang mengerjakan,” ujar Komisioner KPU Kota Bekasi, Syafruddin.

Syafruddin menjelaskan mereka bekerja mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00, dengan diupah Rp100 per lembar.

“Selama proses pelipatan suara bakal diawasi pihak KPU dan kepolisian. Usai selepas kerja mereka akan diperiksa sebelum kerja,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihak KPU akan melihat jumlah hasil pelipatan hari ini dan besok. Jika dirasa cukup dan bisa mengejar target pelipatan selama dua minggu tidak akan ditambah orang buat melipat surat suara, kalau dirasa kurang akan ditambah.

“Jadi dua hari ini kita lihat, mereka sehari bisa melipat berapa surat suara. Kalau dikhawatirkan tidak mampu sesuai target tenaga pelipatnya akan kita tambah,” katanya.

Pantauan Radar Bekasi, pintu gerbang masuk Kantor KPU Kota Bekasi yang sedianya terbuka untuk umum mulai kemarin harus ditutup rapat untuk mengamankan surat suara.

“Yang bekerja saat ini adalah shift 1, jumlahnya 100 orang. 1 kelompok 10 orang. Nanti shift 2 ada lagi karena total tenaga pendukung 180 orang,” ujarnya.

“Digudang pun nanti akan di jaga 24 jam oleh pihak kepolisian sampai pada tahap pendistribusian ke TPS nanti,” sambungnya.

Sebelumnya, sebanyak 1.472.159 surat suara untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi, telah tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi, Selasa (22/5)

Jumlah itu sudah termasuk 2.000 surat suara untuk pemungutan suara ulang, dan 2,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk surat suara cadangan.

Nia (35), salah seorang warga Duren Jaya, turut ikut serta dalam pelipatan surat suara, ia berminat melakukan pekerjaan itu dikarena untuk mengisi waktu luang dan juga uang hasil yang diperolehnya dapat digunakan untuk kebutuhan lebaran.

“Ya lumayan ngisi waktu kosong aja, dari pada di rumah engga ada kegiatan. Walaupun kecil kan lumayan hasilnya kalau saya bisa lipat banyak surat suara. Ya lumayan buat nambah beli keperluan lebaran nanti,” paparnya. (sar)

Lebihkan

Artikel terkait

Lihat Juga

Close
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker