Pendidikan

Pengumuman UN Ditunda, Nilai Aman

Radarbekasi.id – Dinas Pendidikan Kota Bekasi memastikan, mundurnya pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMP sederajat, tidak akan memperngaruhi nilai. Demikian ditegaskan Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatullah.

Dia mengaku, Kemendikbud memutuskan mengundurkan pengumuman hasil Ujian Nasional (Unas) SMP – MTS. Sebelumnya pengumuman akan dilaksanakan pada 23 Mei, namun ternyata diundur menjadi tanggal 25 Mei.”Nilai aman, tidak terpengaruh,”katanya.

Menurutnya, saat ini nilai UN tidak lagi menjadi penentu kelulusan. Pasalnya, kelulusan saat ini ditentukan oleh masing-masing sekolah. Acuannya nilai kelulusan adalah nilai gabungan dari ujian sekolah berstandar nasional (USBN) dan rapor sekolah. “Untuk nilai kelulusan masing-masing sekolah juga berbeda,” ujarnya.

Namun, UNBK hanya menjadi prasyarat untuk siswa bisa lulus dari sekolah. Karena jika siswa ingin lulus, harus mengikuti UNBK. Sehingga, melihat penilaian nanti, menurut dia, kelulusan dikembalikan setiap sekolah.

Meski begitu, lanjut pria yang akrab disapa Inay ini, bukan berarti ‎para siswa tidak serius dalam menghadapi pelaksanaan UNBK.Pasalnya, nilai UNBK menentukan para siswa untuk melanjutkan pendidikan ke SMA atau pun SMK negeri.

Ia menambahkan UNBK juga hanya menjadi penataan sistem pendidikan secara nasional. Lantaran, nilai hasil ujian tersebut hanya akan menjadi dasar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

“Jadi kalau nilai UNBK dia kecil ya para siswa tidak bisa masuk ke sekolah negeri. Bisanya masuk ke sekolah swasta,”tegasnya.

Meskipun pengumuman dan kriteria ditentukan oleh masing-masing satuan pendidikan, namun ada beberapa kriteria umum yang harus dipenuhi oleh siswa dan diperhatikan oleh sekolah dalam rapat dewan guru diantaranya, menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik, mengikuti UN dan lulus USBN sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh satuan pendidikan. (Cr38)

Lebihkan

Artikel terkait

Close