Berita Utama

1.117 Lembar Surat Suara Rusak

Radarbekasi.id – KPU Kota Bekasi menemukan ribuan surat suara rusak. Menyusul dilakukannya penyortiran terhadap surat suara yang diterima KPU dari percetakan.

Tidak tanggung-tanggung, di hari pertama penyortiran pada Kamis (24/5) diketahui terdapat 1.117 lembar surat suara yang rusak saat dilakukan proses pelipatan.

Distribusi surat suara datang pada Rabu (23/5) dengan jumlah surat suara 1.472.159 lembar ditambah 2,5 persen lebih sebagai cadangan. Sementara tenaga yang diperbantukan untuk proses pelipatan melibatkan 100 orang warga dengan dikawal Petugas Satpol PP dan kepolisian setempat.

“Ada 494.733 lembar yang sudah dilipat kemarin dan ditemukan juga surat suara yang rusak sebanyak 1.117 lembar,” ungkap Komisioner KPU Kota Bekasi, Kanti Prayogo, Jumat (25/5).

Kata Kanti, temuan kerusakan ini dapat terjadi saat proses pencetakan surat suara ataupun proses sebelum barang tiba di kantor KPU. Maka pelipatan dilakukan sekaligus untuk melakukan penyortiran bila ada temuan semacam ini.

Menurutnya, temuan kerusakan akan diganti dengan surat suara yang baru setelah pihaknya melaporkan pada pusat. Disamping itu, untuk melakukan proses pelipatan hingga selesai dimungkinkan akan memakan waktu hingga sepekan.

“Kami memperkirakan pelipatan surat ini akan selesai dalam satu minggu ini,”  kata Kanti.

Ketua KPU Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi mengatakan Jika menemukan ada yang rusak atau cacat, nanti akan dipilah dan dipisahkan untuk dimusnahkan. Sehingga bersih dari kecurangan. Sementara surat suara yang rusak ini,  tinggal minta gantinya ke CV.

Dijelaskan Ucu, untuk memenuhi kekurangan surat suara, KPU Kota Bekasi sudah membuat berita acara yang akan diajukan kepada pihak percetakan.

Menurut Ucu, secara informal sudah berkomunikasi terkait kerusakan surat suara. “Sama seperti saat pengambilan surat suara awal, pengambilan kekurangan dan penggantian yang rusak ini pun harus prosedural dan dikawal pihak kepolisian,” ujarnya.

Ia berharap setelah laporan kekurangan surat suara tersebut disampaikan bisa secepatnya mendapatkan pengganti untuk dilakukan sortir dan lipat. (sar)

Lebihkan

Artikel terkait

Close