Metropolis

Rutin Tadarus Setelah Subuh

Radarbekasi.id – Tadarus atau membaca Alquran, menjadi ibadah rutin umat Islam di bulan Ramadan. Bahkan, di beberapa masjid di Kota Bekasi terjadi peningkatan kegiatan, diantaranya tadarus alquran.

Masjid Raya Baiturrahman yang terletak di lingkungan Kecamatan Mustika Jaya kota Bekasi misalnya.Setiap harinya masjid tersebut selalu ramai oleh remaja dan warga sekitar. Mereka, melakukan tadarus alquran.

Tidak hanya siang dan malam saja, para remaja masjid melakukan tadarus usai salat subuh. Pantauan Radar Bekasi, terlihat 10 orang pengurus dan remaja masjid sedang melantunkan ayat suci Alquran dengan suara yang merdu mengiringi terbitnya sang fajar.

Tadarusandilakukan secara berkelompok antara 5 sampai 10 orang, duduk bersila membentuk lingkaran di mana setiap orang memegang Alquran. Mereka membaca satu persatu ayat dalam Al Quran, dan ketika yang satu membaca yang lain diam mendengarkan secara khusyuk serta menyimak jikalau ada kesalahan dalam bacaan temannya, lalu memperbaikinya. Kegiatan ini dinamakan meudaroih.

“ Yang hadir hari ini pengurus dan remaja masjid, rutin kita lakukan setiap pagi usai shalat subuh sampai jam 05:45. Kegiatan tadarus seperti ini tidak hanya pada bulan Ramadan saja, tapi memang tiap ba’da subuh. Kalau untuk setelah shalat tarawih kita biasanya sampai jam Sembilan malam “ ujar ketua DKM masjid raya Baiturrahim, Solihin.

Kegiatan tadarus sendiri, Sambung Solihin, targetnya minimal satu kali hatam dalam satu bulan Ramadan. Setiap malam, 1 juz Alquran dibaca. “Ini juga dalam rangka supaya masyarakat lebih gemar lagi membaca Alquran. Mari kita ramaikan mengaji magrib. Kalau di bulan puasa ini dibiasakan, mudah-mudahan nanti berlanjut di hari hari biasa,” tambahnya.

Selain tadarus, beragam kegiatan di rancang oleh DKM masjid raya Baiturrahim selama bulan suci Ramadan tahun ini. Diantara kegiatan yang sudah dirancang tersebut adalah kegiatan pesantren Ramadan yang akan diikuti oleh remaja dan anak-anak disekitar lingkungan masjid pada tanggal 1 hingga tanggal 3 Juni mendatang. (cr38)

Lebihkan

Artikel terkait

Close