Pendidikan

Siswa Wajib Mengikuti Psikotes

Radarbekasi.id – Sejak Pukul 08.00 WIB, puluhan siswa Taman Kanak-kanak silih berganti masuk kedalam lingkungan Sekolah Dasar (SD) Ananda Bekasi. Mereka semua yang datang diantar oleh orang tua, kakak atau pengasuh yang terlihat menggandeng masuk kedalam lingkungan sekolah.

Di dalam kelas terlihat beberapa murid yang duduk melingkar serta beberapa guru yang asik mengajak mereka bermain. Mereka bukan bermain seperti apa yang tampak secara kasat mata. Ternyata, sedang melakukan Psikotes yang dilakukan oleh SD Ananda Bekasi kepada calon siswanya.

“ ini adalah cara kami untuk memetakan cara belajar siswa, metode dan gaya belajar yang cocok untuk setiap siswa. Kita sudah 4 tahun lakukan ini dan hasilnya baik “ ungkap kepala sekolah SD Ananda Bayu Artadri kepada Radar Bekasi.

Laki-laki yang akrab di sapa bayu tersebut mengaku, kegiatan ini bukan merupakan tes untuk masuk kesekolahnya. Namun, hanya sebagai pemetaan gaya belajar yang sesuai untuk siswa sebelum dibagi kedalam 5 kelas yang ada.

Pemetaan gaya belajar memang penting bagi sekolah dan siswa untuk mendorong kelancaran proses belajar mengajar yang dijalankan. Masing-masing siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, maka perlu kejelihan untuk menempatkan mereka menjadi satu rombongan belajar yang tentunya mereka akan bersama-sama selama proses kegiatan belajar mengajar.

Psikotes ini dilaksanakan bertahap sejak pukul delapan pagi hingga dua siang, masing-masing tahapan di ikuti oleh 10 calon siswa dari 135 siswa yang mengikuti psikotes. Setelah ke 135 calon siswa tersebut mengikuti psikotes ini, mereka akan dibagikan kedalam 5 kelas yang tersiri dari 26 siswa pada masing-masing rombongan belajar atau kelas.(cr38)

Lebihkan

Artikel terkait

Close