Cikarang

Pemkab Bekasi Komitmen Entaskan Kemiskinan

Radarbekasi.id – Pemerintah Kabupaten Bekasi berkomitmen dalam memperhatikan warga kurang mampu dengan menyalurkan bantuan. Bantuan tersebut disalurkan melalui beberapa program yang sudah terencana dan disusun melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi.

Sekretaris Bappeda, Dedi Supriadi mengatakan, pihaknya bersama tim yang terdiri dari beberapa organisasi perangkat daerah (OPD), telah melakukan pendataan masyarakat mampu. Hal itu dilakukan supaya pendistribusian bantuan tepat sasaran.

Selain itu tim yang telah dilantik oleh Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin, yang ditunjuk sebagai Ketua cepat tanggap dalam penanggulangan warga kurang mampu adalah Wakil Bupati Eka Supria Atmaja. Kata Dedi, tim tersebut bakal membuat satu database warga kurang mampu se Kabupaten Bekasi.

“Jadi tim satu base yang mendata orang miskin. Ada beberapa indikator warga tersebut dinobatkan sebagai warga kurang mampu. Jadi pemerintah daerah wajib untuk memberi bantuan serta memperhatikan warga tersebut, ” ujar Dedi.

Indikator warga dinyatakan kurang mampu diantaranya penghasilan yang tidak sampai Rp20 ribu perhari, rumah masih bilik, lantai beralaskan tanah, dan tidak memiliki barang barang berharga yang cepat bisa dijual.

Untuk saat ini, Dedi mengaku, program tersebut sudah mulai berjalan. Pihaknya juga terus melakukan inovasi tata cara memberikan keterampilan serta memacu masyarakat supaya bisa bangkit dari keterpurukan ekonomi.

“Program pengentasan warga kurang mampu ini sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dan diawal ini kita coba melakukan pendataan serta memberikan bantuan. Setelah sudah terdata seluruhnya dan bantuan sampai tepat sasaran, nantinya semua warga tersebut juga akan diberi pelatihan serta keterampilan bagaimana bisa bangkit dari keterpurukan, “ujarnya.

Ia yakin, jika program tersebut berjalan dengan baik, maka angka kemiskinan di Kabupaten Bekasi akan menurun drastis pada akhir masa kepemimpinan Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin.

“Kita harap dalam program ini khususnya pemangku jabatan yang berwenang bisa bertanggung jawab penuh, dan ada partisipasi masyarakat. Apabila seluruhnya bisa bersinergi tidak menutup kemungkinan angka kemiskinan yang saat ini ratusan ribu jiwa bisa berkurang pesat,” tuturnya. (and/adv)

Lebihkan

Artikel terkait

Close