Metropolis

Rutin Bangunkan Warga Sahur

Radarbekasi.id – Jarum jam menunjukkan tepat pukul 02.00 WIB dini hari. Belasan remaja yang tergabung dalam Ikatan Remaja Masjid Al-Mu’minun (IRMA) bersiap beraksi membangunkan masyarakat sekitar untuk menunaikan ibadah sahur di bulan Ramadan.

Berbekal bedug yang dibuat dari drum berukuran kecil serta alat tambahan lainnya seperti Kecrekan, Botol dan panci bekas para pemuda ini bersiap untuk keliling membangunkan warga untuk santap sahur.

Kegiatan seperti ini selalu mereka lakukan ketika bulan suci Ramadan tiba. Jumlah remaja yang ikut setiap malamnya bervariasi mulai dari 6 hingga 10 pemuda yang rata-ata sedang mengenyam pendidikan SMP, SMA dan perguruan tinggi.

Sebelum waktu berkeliling, mereka lebih dahulu mematangkan konsep untuk mereka mainkan saat berkeliling sepulang shalat tarawih di Masjid Al’Mu’minun di Jalan Cemara V perumahan Margahayu Bekasi Timur Kota Bekasi.

Setelah konsep matang, beberapa pemuda ada yang memilih pulang kerumah kemudian datang lagi sekitar pukul setengah dua untuk bersiap, sedangkan sebagian lagi menginap di masjid. Sekitar 15 gang mereka lalui sepanjang lingkungan RW 1 Kkelurahan Margahayu.

Perpaduan tabuhan bedug dengan alat yang dihasilkan dari kreatifitas pemuda ini terbilang cukup merdu sehingga tidak terlalu mengganggu ditelinga melainkan berirama mengikuti teriakan sahur mereka.

“ Shauuurrrrrr……. Sahurrrrrrrr……… Sahuuurrrrrrr……. Sahuuuurrrrr…… “ demikian mereka berteriak untuk membangunkan warga untuk melaksanakan santap sahur.

Teriakan para pemaja ini, diiringi pula dengan suara kentongan. Sehingga membuat suasana hari pertama Ramadan tampak semarak. “Cara ini dilakukan agar masyarakat tidak ada yang ketiduran dan ketinggalan untuk melaksanakan sahur,”kaya salah satu anggota remaja masjid, Budi Widyo setelah berkeliling.

Menurutnya, butuh waktu 1 jam untuk bisa mengelilingi permahan tersebut. “Kira-kira 1 jam untuk bisa mengelilingi perumahan ini dengan jarak 1 kilometer, kadang juga bisa lebih,” ungkapnya.

Dia mengaku warga yang dibangunkan ikut senang dengan cara yang mereka lakukan. “Warga juga terbantu dibangunkan,” tutupnya. (cr38)

Lebihkan

Artikel terkait

Close